in

Berwisata Ke Lombok, Jangan Lupa Cicipi Ayam Taliwang Irama Khas Lombok

Sumber Gamber : Instagram @kulinerdilombok

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat seringkali dianggap sebagai surga wisata alam. Tidak hanya alamnya yang indah saja tetapi memiliki kekayaan kuliner yang sangat nikmat dan menggugah selera. Salah satu rumah makan yang ternama disana yaitu Ayam Taliwang Irama Lombok. Ayam Taliwang Irama adalah salah satu tempat makan yang sangat terkenal dan sangat populer disetiap kalangan dari orang Indonesia hingga turis wisatawan yang datang berlibur di Lombok.

Ayam Taliwang Irama ini berada di Jalan Ade Irama Suryani no. 10 Karang Taliwang , Cakranegara, Mataram. Di tempat makan ini bukan hanya ayam taliwang saja yang bisa di pesan, teman-teman masih bisa memesan dengan masakan yang lainnya seperti plecing kangkung dan beberuk terong. Satu porsi ayam Taliwang ini seharga RP. 45.000,-. Meski harganya termasuk sedikit mahal, tetapi kelezatannya tak  bohong dimulut dan dilidah sahabat Wisato. Pokoknya rasanya TOP TOP MARKOTOP deh!

Sumber Gambar : Google Maps @Supriyatna Nana

Restoran Ayam Taliwang Irama ini lokasinya sangatlah strategis persis di pinggir jalan dan mempunyai lahan yang cukup luas. Banyak sekali tamu yang datang beramai-ramai membawa mobil pribadi mereka dan ada beberapa artis terkenal hingga pejabat pun datang berkunjung untuk merasakan kelezatan Ayam Taliwang Irama.

Sumber Gambar : Instagram @warungtaliwanglombok

Di restoran Ayam Taliwang Irama ini menyiapkan menu andalannya yaitu ayam Taliwang dengan berbagai varian rasa seperti ayam bakar sedang, ayam bakar pedas, ayam bakar madu pedas, ayam goreng dan ayam plecingan goreng yang dibandrol dengan harga senilai RP. 50.000,- / porsi. Daging yang disajikan adalah jenis daging ayam kampung yang belum terlalu tua,sekitar usia 5-6 bulan. Meski dari segi ukuran dagingnya yang tidak begitu besar,akan tetapi dagingnya bisa lebih empuk saat diolah. Ayam taliwang yang terasa empuk dan lembut perpaduan dengan kulit ayam yang renyah dan bumbu ciri khas Lombok.

Bumbu yang juga disebut dengan bumbu pelalah ini terdiri dari bawang merah,bawang putih,cabe merah (besar dan kecil) dan garam yang sudah dihaluskan. Campuran cabe yang banyak membuat cita rasa ayam taliwang menajdi pedas dan nikmat. Bumbu tersebut di masak dengan santan. Jika tidak menyantap makanan pendamping ayam taliwang yaitu pelecing kangkung rasanya belum nikmat. Pelecing kangkung itu adalah sayur kangkung dan kecambah yang direbus disajikan dalam keadaan dingin dengan bumbu urapnya, kacang tanah yang digpreng dengan super lezat dan sambal tomat. Sensasi segar dan pedas Ayam Taliwang Irama membuat lidah bergoyang saat gigitan pertama daging ayamnya.

Sumber Gambar : Twitter @javafoodie_

Proses memasaknya sebenarnya gampang – gampang susah karena secara tradisional, alat masaknya pun bisa mempengaruhi citarasa yang dihasilkan. Masyarakat Lombok sendiri memilih memasak ayam Taliwang dengan menggunakan kayu bakar yang di utamakan memakai kayu kopi atau kayu nangka. Sebab jenis kayu ini dianggap bisa memberikan aroma yang khas dan lebih sedap pada masakan serta api akan menyala lebih lama. Ayam Taliwang ini bisa dimasak dengan cara digoreng maupun dibakar. Biasanya ayam dimasak dengan utuh dan cukup dibelah saja dibagian dadanya kemudian dilumuri dengan bumbu yang sudah di sajikan.

Untuk ayam yang digoreng biasanya menggunakan minyak kelapa asli. Untuk ayam bakar Taliwang biasanya prosesnya bisa sedikit lebih lama dan panjang karena ayam di bakar dua kali. Ayam dibakar dulu di atas api dari sabut kelapa kemudian dibakar lagi dengan arang yang membuat aroma ayam bakarnya akan lebih sedap dibandingkan langsung dibakar dengan arang. Selain menu plecing kangkong, ada pula beberok yaitu sambal tomat dengan terasi yang di campur dengan lalapan terong atau mentimun dan diberi perasan jeruk limau. Konon katanya sayuran di Lombok kualitasnya sangat istimewa dan sangat nikmat disantap.

Bagaimana sahabat Wisato apakah tergiur untuk mencobanya? Teman-teman jangan ragu-ragu dengan  Rumah makan Ayam Taliwang Irama ini bisa menjadi makanan pilihan yang tepat karena kuliner khas Sasak ini pernah mendapatkan penghargaan Makanan Halal Khas Daerah Terbaik 2016 dalam ajang kompetisi pariwisata halal internasional yakni World Halal Travel Award (WHTA). Bila ingin berkunjung untuk menyantap ayam taliwang ini sebaiknya datang jangan terlalu siang karena sangat ramai pengunjungnya. Restoran ini buka dari jam 08.00 pagi  – 21.00 malam. Yuk kalian harus datang mencobanya jika ada jalan-jalan ke Kota Lombok.

Lokasi : Jl. Ade Irma Suryani No.53, Monjok, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83239.
Jam Operasional : 08.00 – 21.00 WITA
No. Telepon : +62370623163