in

Cicipi Kuliner Khas Palembang Di Pempek Lala 26 Ilir

Sumber Gambar: Google Maps @danu wijaya

Indonesia memang terkenal kaya akan wisata kulinernya, dari banyaknya kuliner yang ada di Indonesia.  Pempek adalah salah satu kuliner khas Palembang yang sangat enak. Apalagi jika anda memakan pempek ini sambil ngirup cuko. Palembang menyimpan banyak jenis kuliner pempek. Salah satunya ada di Pempek Lala 26 Ilir, restoran pempek yang ramai akan pengunjung di Palembang.

Pempek merupakan makanan terbuat dari daging ikan yang digiling halus dan dicampur dengan tepung sagu.  Dalam sejarahnya, pempek ditemukan di Palembang pada tahun 1980 an. Pada tahun tahun itu, penjual pempek bisa berjualan dengan memikul satu keranjang penuh sambil berjalan kaki.

Salah satu took pempek yang terkenal di Palembang, dapat anda temui dengan mengunjungi warung pempek Lala 26 Ilir. Di kawasannya sendiri yaitu Central Kampung Pempek, warung Pempek Lala 26 Ilir adalah yang paling terkenal disana. Bagaimana tidak, selain harganya yang murah rasa pempek yang disajikan pun memiliki rasa yang sangat lezat. Bahkan tidak hanya di Palembang, warung Pempek Lala 26 Ilir juga terkenal di luar daerah Palembang.

Sumber Gambar: Google Maps @Pempek Lala

Namun, jika anda berada diluar Palembang  tapi ingin mencoba pempek lala, anda bisa memesannya melalui took online. Karena Pempek Lala 26 Ilir telah membuka cabang di beberapa aplikasi toko online Indonesia. Akan tetapi, anda perlu mempertimbangkan waktu pengiriman sebelum memesan pempek. Karena daya tahan pempek ini hanya bertahan sekitar 3 hari agar rasanya menjadi lebih fresh.

Jenis Pempek yang Di Jual Pempek Lala 26 Ilir

Tentunya ada banyak jenis pempek yang bisa dinikmati. Nah, warung pempek lala telah menyediakan berbagai jenis pempek yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Tentunya dengan banyaknya jenis pempek yang disajikan, para wisatawan tidak akan bosan untuk mencoba rasanya.

Inilah beberapa contoh pempek yang disajikan di warung Pempek Lala 26 Ilir:

1. Pempek Lenjer

Sumber Gambar: Instagram @hennidzaki05

Jenis pempek ini merupakan salah satu jenis pempek yang paling umum di kalangan para wisatawan. Bentuk pempek ini seperti tabung panjang. Bagi kamu yang merupakan pengunjung baru dari pempek lala, kamu wajib mencoba menu yang satu ini.

2. Pempek Kapal Selam

Sumber Gambar: Instagram @pempekaslii

Nah, di warung pempek lala juga menjual pempek legendaris yang terkenal dikalangan masyarakat, yaitu pempek kapal selam. Mengapa disebut pempek kapal selam? Nah, menurut koki dari Aryaduta Hotel Palembang yaitu M Arifin Lubis. Pempek ini dinamakan kapal selam, berasal dari proses masaknya, karena saat proses memasaknya pempek ini jatuh kedalam air rebusan dan bentuknya yang paling besar dibandingkan pempek lainnya. Namun, sebenarnya pempek kapal selam merupakan sebutan yang termasuk baru, karena dahulu masyarakat Palembang menyebutnya pempek telok besak.

Sebagai pengunjung tentunya kamu harus memesan pempek yang satu ini. Dijamin rasanya akan enak, karena kamu sedang memesan di warung Pempek Lala 26 Ilir.

3. Pempek Keriting

Sumber Gambar: Instagram @evi_novriannty

Nama dari pempek ini didapatkan karena bentuknya yang keriting menyerupai kerupuk. Namun, pempek ini merupakan pempek dengan proses memasak yang tergolong sulit. Dikarenakan, jika secara tradisional anda membutuhkan tenaga ekstra untuk membuat pempek ini. Akan tetapi, dibalik kesulitan akan memasaknya pempek keriting memiliki cita rasa yang sangat enak.

4.  Lenggang

Lenggang juga terkenal di kalangan masyarakat Palembang. Jenis pempek ini biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Pada umumnya masyarakat Palembang biasanya menyajikan lenggang dengan cara menyiramnya dengan cuka. Tentunya ini akan menambah cita rasa khas Palembang.

Sumber Gambar: Instagram @kulinerjogya

Itulah beberapa contoh jenis pempek yang dijual di warung pempek lala. Namun, mereka tidak hanya menjual pempek disana, ada banyak jenis minuman yang enak dan menyegarkan. Salah satu minuman yang terkenal di warung ini adalah es kacang merah.

Baca Juga: Melihat Keindahan Borobudur Sebagai Destinasi Bali Baru

Harga Paket Pempek Lala 26 Ilir

Selain bisa menikmati pempek ini di warung secara langsung, kita juga bisa memesan pempek lala untuk diantarkan ke rumah. Maka dari itu warung ini menyediakan paket pempek yang bisa dipesan bagi kamu yang malas untuk bepergian.

Yang pertama ada paket Rp 50.000, di paket yang satu ini anda bisa memilih diantara 3 pilihan paket. Ada paket pempek campur saja yang berisi 45 buah pempek. Lalu ada paket pempek campur 25 buah ditambah dengan pempek kapal selam 2 buah. Dan terakhir paket pempek campur 14 buah, pempek kapal selam 2 buah, dan pempek lenjer besar 1 buah. Paket ini memiliki berat kurang lebih 2 Kg.

Lalu yang kedua ada paket Rp 100.000, nah di paket 100 ribuan ini kamu bisa membawa pempek dengan berat 3 Kg. Sama seperti paket sebelumnya, paket ini juga memiliki beberapa pilihan. Yang pertama paket pempek campur berisi 95 buah. Lalu ada paket pempek campur 55 buah dan kapal selam 4 buah. Terakhir paket pempek campur 43 buah, kapal selam 3 buah, dan lenjer besar 2 buah.

Dan yang terakhir paket Rp 200.000, paket yang beratnya sekitar 6 Kg ini juga memiliki beberapa opsi paket seperti paket sebelumnya. Yang pertama pempek campur 165 buah. lalu ada paket pempek campur 125 buah dengan kapal selam sebanyak 7 buah. Dan terakhir paket pempek campur 81 buah, kapal selam 7 buah, dan lenjer besar sebanyak 4 buah.

Dimanakah Lokasi Pempek Lala?

Nah, bagi anda yang baru berkunjung ke Palembang. Anda tidak perlu bingung untuk menemukan lokasi dari warung Pempek Lala 26 Ilir ini. Tentunya karena nama warung ini sudah sangat terkenal bagi warga setempat, kamu pasti akan lebih mudah menemukan warung ini.

Lokasi dari warung di tepatnya berada di Jalan Mujahidin No.23, 26 Ilir, Bukit Kecil, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang Sumatera Selatan. Tunggu apa lagi anda sudah mengetahuinya bukan? sekarang anda tinggal pergi menuju ke warung pempek lala dan menikmati lezatnya kuliner pempek khas Palembang disana. Jangan lupa juga untuk mengajak keluarga anda sambil jalan jalan ke Palembang, dan mampir sebentar ke Pempek Lala 26 Ilir untuk makan siang.