in

Kuliner Malam Enak Dan Sehat Sego Babat Pegirian

Sumber Gambar : Instagram @ andreyongz

Kota Pahlwan Surabaya kota indah yang sudah pasti banyak digemari warga dari luar sebagai destinasi waisata. Wajar saja karena Kota Surabaya memang memiliki hal unik dan menarik yang kita telusuri. Lihat saja wisatanya dari wisata alam hingga wisata bersejarah ada semua disini. Di sini kalian bisa mengunjungi Kampung Warna Warni Bulak, ada juga Tugu Pahlawan hingga Pantai Ria Kenjaren.

Lelah berjalan – jalan dan ingin mencicipi hidangan khas Kota Surabaya ?. Kota Surabaya juga menawarkan kuliner – kuliner yang akan memanjakan lidah kalian. Sebut saja Rujak Cingur makanan yang diolah dan disajikan dari potongan cingur atau hidung sapi yang sudah melalui proses perebusan yang lama sehingga empuk dan kenyal. Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal seantero negeri jadi bagi wisatawan luar Kota Surabaya hidangan yang satu ini merupakan hidangan wajib.

Tapi kalau kalian kelaparan di tengah malam dan sudah bosan dengan hidangan yang sudah mainstream mungkin kalian bisa mencoba hidangan yang satu ini. Hidangan yang dimaksud adalah “Sego Babat Pegirian” .

Nasi Jagung Yang Menjadi Ciri Khas

Sumber Gambar : Instagram @andreyongz

Sego Babat Pegirian merupakan nama hidangan yang sudah tidak asing di telingan warga lokal Surabaya. Karena hidangan ini memang sudah sangat dikenal dan melegenda, sudah lebih dari 10 tahun lamanya kedai makanan yang menjual hidangan ini beroperasi. Tidak seperti kedai makan lainnya hidangan yang satu ini dinikmati dengan “Sego Jagung” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Nasi Jagung”. Penggunakan nasi jagung inilah yang membuat hidangan ini digemari karena memiliki rasa yang sangat khas.

Menu andalan dari kedai makan ini sudah pasti nasi babatnya, hampir semua pelanggan yang datang ke kedai makan ini mencari hidangan yang satu ini. Mau warga lokal atau wisatawan dari luar Kota Surabaya sangat menggemari hidangan ini. Tapi walaupun begitu kedai makan ini tidak hanya menyediakan hidangan itu saja. Tetapi ada juga beberapa pilihan hidangan lain. Antara lain rempeyek udang, belut goreng, masakan bali, dan juga cingur.

Manfaat Nasi Jagung

Sumber Gambar : Google Maps @Eldien Muhammad Shidqy

Nasi jagung yang digunakan kedai makan ini juga secara tidak langsung memberikan efek bagus untuk tubuh. Karena nasi jagung sendiri memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Nasi jagung dikenal sangat bagus untuk penderita diabetes karena mampu mengontrol gula darah. Serat pada nasi jagung juga mengurangi kadar gula darah, tidak hanya itu nasi jagung juga bisa menurunkan penyerapan kolesterol dan mengatur insulin pada tubuh. Selain itu nasi jagung juga mengandung serat tidak larut. Serat ini akan tetap berada pada saluran pencernaan setelah dikonsumsi. Serat tidak larut ini berfungsi meningkatkan curah tinja dan mendorong kotaran agar melewati system pencernaan. Jika pencernaan sehat maka resiko sembelit, wasir dan masalah pencernaan besar pun menurun.

Selain itu nasi jagung merupakan salah satu bahan makanan yang tinggi akan zat besi, aman dikonsumsi penderita anemia. Umumnya diderita karena kekurangan asupan zat besi dan folat. Sedangkan nasi jagung kaya akan folat yang berfungsi membantu membentuk sel darah merah.

Jadi menkonsumsi hidangan ini minimal mengurasi resiko – resiko yang disebabkan apabila kalian menkonsumsi nasi beras yang menjadi “hidangan wajib” untuk warga Indonesia pada umumnya.

Lokasi Sego Babat Pegirian

Sumber Gambar : Instagram @andreyongz

Buat kalian yang sedang di Kota Surabaya dan mau mencoba hidangan ini kalian bisa langsung menuju lokasi kedai makanan ini. Lokasinya tidak begitu susah untuk ditemukan karena lokasinya berdekatan dengan destinasi wisata religi Sunam Ampel yaitu di Jalan Nyamplungan, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Letaknya persis di depan pasar Pegirian, tapi kalian jangan bingung apabila bertanya dengan warga lokal dan memberikan nama hidangan yang berbeda karena hidangan ini memang memiliki banyak sebutan. Ada yang menyebutnya Nasi Jagung Ampel, ada yang menyebut Nasi Duro Babat Pegirian atau hanya sekedar Nasi Babat Pegirian. Jadi tidak perlu bingung ya sahabat Wisato.

Saran buat kalian jangan datang ke kedai makan ini jangan datang setelah di atas jam 07.00 WIB karena antriannya sangat Panjang dan sudah pasti kalian akan mengantri lebih lama.