in

Salome Taman Nostalgia, Cemilan Nikmat Di Taman Nostalgia

Jalan – jalan santai di taman memang enaknya sambal ngemil ya sahabat Wisato. Apalagi kalau habis Lelah dengan aktivitas jogging. Hal pas untuk dilakukan apabila kalian sedang berada di Nusa Tenggara Timur tepatnya Kupang.  Sebuah taman di Kota Kupang, Nusa Tenggara diberi nama yang cukup unik yaitu Taman Nostalgia. Taman ini terletak di lokasi yang sangat strategis dan bisa dimanfaatkan warga Kota Kupang atau warga dari luar Kota Kupang untuk menikmati sore yang indah.

Taman yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ini memiliki luas kurang lebih setengah hektare atau 5.000 meter. Taman ini sering digunakan sebagai area berkumpul dengan teman dan keluarga di sore hari. Bahkan di bulan puasa taman ini tetap ramai karena digunakan sebagai tempat ngabuburit.

Banyak hal yang bisa dilakukan di taman ini karena banyak fasilitas yang disediakan kalian bisa bermain basket bersama teman atau sekedar melakukan jogging ringan atau bahkan menemani anak – anak bermain di area yang sudah disiapkan. Tetapi kegiatan yang sudah pasti adalah ngemil jajanan yang baru beberapa tahun ini popular dan digemari oleh warga Kota Kupang yaitu cemilan bernama Salome.

Apa Itu Salome ?

Sumber Gambar : Google Maps @Wali Songo

Jadi beberapa tahun belakangan ini warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur sedang jatuh hati dengan cemilan bernama Salome. Cemilan yang berbentuk bulat dan terbuat dari campuran terigu serta daging olehan. Sekilas kalau diperhatikan cemilan yang satu ini mirip dengan cemilan khas Pulau Jawa yaitu Cilok tapi ada yang berbeda dari dua hidangan ini. Sebelum digoreng Salome akan dilumuri dengan telur setelah itu baru akan digoreng.

Setelah itu Salome akan dinikmati dengan tambahan bumbu kacang dan siraman kecap manis. Selain itu harganya juga murah kok. Salome kecil baik rebus atau goreng hanya dihargai Rp 500 sedangkan yang besar mau goreng atau rebus seharga Rp 1.000 saja.

Selalu Dihidangkan Dalam Keadaan Panas

Sumber Gambar : Instagram @marimakan_kupang

Nilai tambahan dari cemilan yang satu ini adalah selalu dihidangkan dalam keadaan yang masih panas. Jadi cemilan ini akan dimasak ketika ada pelanggan yang memesannya. Bila anda memilih Salome telur misalnya, penjual akan langsung memasukan Salome yang sudah dingin ke adonan telur ayam yang telah disiapkan. Baru kemudian digoreng di dalam wajan yang penuh dengan minyak goreng yang panas.

Sama halnya apabila kalian memilih Salome kentang, proses penyajiannya tidak jauh berbeda. Akan tetapi kalau kalian memesan Salome rebus maka kalian akan melihat penjual membuka panci yang biasa digunakan oleh penjual bakso. Dan menyajikan Salome rebus tersebut dalam keadaan yang masih panas. Kalian juga bisa menyantap Salome rebus ini seperti kalian sedang menyantap hidangan bakso. Kalian tinggal meminta kuah kepada sang penjual maka kalian sudah bisa menikmati cemilannya selayaknya hidangan bakso.

Sumber Gambar: Google Maps @Chris L

Untuk menambah kenikmatan dan sensasi saat menyantap Salome ini, biasanya para penjual akan menyediakan aneka sambal mulai dari sambal kacang, sambal kecap, sambal saos hingga sambal cabe super pedas. Mantap bukan ?

Saking digemarinya camilan ini menurut salah satu pedagang yang khusus menjual hidangan ini bisa menghabis daging hingga 9 kilogram. Menurut pedagang yang menjual camilan Salome ini, walaupun hanya menjual camilan tapi dia sangat benar – benar memperhatikan kualitas dagingnya agar para pelanggan tidak kabur, itu bukti kalau camilan ini bukan camilan yang diolah sembarangan ya sahabat Wisato.

Apalagi Taman Nostalgia kalian bisa melihat Gong Perdamaian Nusantara dan juga dilengkapi dengan Wifi gratis sehingga tidak aneh kalau kalian akan bertemu dengan pelajar dari berbagai tingkat. Mulai dari SMP hingga Perguruan Tinggi datang ke taman ini untuk sekedar santai atau bahkan mengerjakan tugas sekolah atau kampus.

Jadi buat kalian yang sedang berada di Nusa Tenggara Timur khususnya Kota Kupang sepertinya tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Karena selain kalian bisa melakukan banyak aktifitas kalian juga bisa menikmati hidangan Salome yang ringan tapi nikmat.