in

Mencicipi Soto Sutri 2 Khas Sokaraja Yang Sayang ‘Tuk Dilewatkan

Sumber Gambar : Google Maps @Safiera Inamalia N.

Para pecinta kuliner tentunya tak asing lagi ketika mendengar hidangan berupa soto. Soto sendiri merupakan jenis makanan berkuah yang biasanya terbuat dari kaldu daging. Isian daging dari soto pada umumnya yakni daging ayam, sapi ataupun juga kambing. Soto biasanya disajikan di mangkok selagi hangat.

Di Indonesia sendiri soto telah memiliki porsi yang sangat istimewa di hati para pecinta nya sehingga tak heran bila dari Sabang sampai Merauke kita dapat menemukan hidangan ini tentunya dengan keunikan dan cita rasa khas masing – masing daerah. Kuah soto biasanya banyak macamnya seperti kuah bening, kuah santan, kuah kuning, kuah koya dan juga kuah kacang.

Kali ini ulasan kuliner yang akan travelers dapatkan yakni tentang Soto Sutri 2 yang merupakan hidangan soto khas dari daerah sekitaran Purwokerto tepatnya ada di Sokaraja.

Yuk, langsung saja kita simak ulasan dibawah ini, travelers!

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja atau terkadang juga dikenal dengan Sroto merupakan jenis makanan khas dari daerah Sokaraja, Banyumas. Sajian ini memang terlihat tak berbeda dengan sajian soto di daerah lainnya. Namun jika kita mengulik lebih dalam tentang bahan yang digunakan ternyata berbeda dengan jenis soto pada umum nya.

Kira – kira apa ya yang membuat soto ini berbeda dengan soto lainnya?

Sumber Gambar: Instagram @foodiary_semarang

Nampak perbedaan yang terlihat jelas adalah dari kuah soto tersebut. Biasanya, soto yang kita temui lebih banyak yang berkuah bening, berkuah kuning atau mungkin kuah santan namun soto khas Sokaraja ini menggunakan kuah kacang. Kuah kacang pada soto ini terbuat dari sambal kacang seperti nampak pada bumbu pecel. Kuah kacang ini yang menjadi ciri khas dan menambah cita rasa dari soto ini menjadi lebih kaya akan bumbu.

Untuk isian daging di soto ini sendiri biasanya berupa potongan daging sapi atau juga daging ayam kampong dan untuk isian pelengkapnya yaitu ada sohun, tauge rebus, suwiran ayam goreng serta kerupuk.

Sumber Gambar: Instagram @vevee81

Untuk menikmati Soto Sokaraja ini travelers dapat langsung menuju daerah asal soto ini yakni di Sokaraja, Banyumas tak jauh dari kota Purwokerto. Sokaraja sendiri memang terkenal dengan kuliner soto ini dan tak heran disana tampak banyak kios berjejer yang menawarkan hidangan soto ini.

Jika traveler merasa bingung kira – kira warung makan mana yang menyajikan Soto Sokaraja terbaik di daerah Sokaraja maka salah satu rekomendasi nya yakni Soto Sutri 2.

Soto Sutri 2 Khas Sokaraja

Soto Sutri 2 merupakan warung makan cabang ke 2 dari Soto Sutri 1 yang lokasinya tak berjauhan.  Soto Sutri 2 berlokasi di Jl. Kertadirjan, Sokaraja, Dusun I, Sokaraja Kulon sedangkan lokasi cabang pertama nya berlokasi di Jl. Pramuka No.09, Dusun II, Sokaraja Kulon yang jaraknya hanya sekitar 300 meter saja. Namun, Soto Sutri 2 terlihat lebih ramai dipadati pengunjung karena tempatnya lebih luas sehingga dapat menampung banyaknya konsumen yang datang berkunjung untuk mencicipi soto ini.

Soto Sutri ini memiliki kelebihan dari warung – warung soto khas Sokaraja lainnya yakni kuah soto tersebut ditaburi dengan irisan daun bawang yang melimpah sehingga kuah nya tercium lebih wangi. Khusus untuk di warung soto ini hanya menyediakan jenis soto dengan isian daging sapi saja.

Sumber Gambar: Instagram @purwokerto_mangan

Berbeda dengan soto pada umumnya yang dapat dilengkapi dengan nasi putih agar terasa lebih kenyang namun untuk Soto Sokaraja atau Sroto biasanya disajikan dengan tambahan kupat atau ketupat. Mungkin bagi sebagian besar orang terdengar aneh jika memakan soto dengan tambahan kupat namun pada kenyataannya rasa nya tak kalah enak dibandingkan jika memakan soto dengan nasi pada umumnya. Selain itu, untuk menambah kenikmatan ketika menyeruput kuah soto ini dapat ditambah dengan mendoan hangat.

Sumber Gambar: Instagram @foodiary_semarang

Untuk 1 porsi soto dibanderol dengan harga Rp 25.000. Harga nya tak sebanding dengan porsi besar yang kita dapatkan.

Tips untuk traveler yang berniat datang mencicipi soto ini diharapkan datang lebih awal karena terkadang belum sampai sore saja ternyata warung soto ini sudah tutup karena ludes terjual lho!

Soto Sutri 2 buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 petang. Pemiliknya yakni Ibu Sutriyah membocorkan bahwa dalam satu hari saja warung nya dapat menjual hingga 400 mangkuk tetapi hal ini tak berlaku ketika hari libur tiba karena soto ini dapat terjual hingga 1.000 mangkuk.

Sang pemilik sendiri sudah membuka warung soto ini sejak tahun 1984 sehingga dapat dipastikan bahwa sudah banyak pengunjung langganan yang makan disana.

Untuk dapat tiba di warung soto ini traveler cukup berpatokan dengan RS.Margono Purwokerto lalu lurus saja ikuti jalur arah Sokaraja sejauh 3,3km dan traveler akan menemukan gang kecil di sebelah kiri tak jauh dari SMPN 2 Sokaraja. Di gang kecil tersebut lah Soto Sutri 2 berada.