in

Mie Jawa Khas Palembang di Warung Mie Mas Mus

Sumber Gambar: Google Maps @Oscar

Jika Kota Bandung memiliki makanan khas Nasi Kalong, lain cerita di Kota Palembang. Kota dengan banyaknya campuran budaya ini memiliki makanan khas yang berbagai rupa. Salah satu makanan paling enak seantero Palembang adalah Warung Mie Mas Mus.

Disini merupakan warung mie Jawa paling enak dan memiliki pengunjung yang sangat ramai. Belum lengkap rasanya jika traveler berkunjung ke Kota Palembang tapi tidak menikmati hidangan khas dari Warung Mie Mas Mus.

Menariknya jika warung mie lainnya lebih memilih membuka di pagi hari karena menyasar orang-orang yang ingin sarapan. Warung Mie Mas Mus justru melakukan sebaliknya. Meskipun begitu warung mie ini selalu ramai dan dipadati oleh pengunjung.

Letak Warung Mie Mas Mus

Warung ini telah lama berdiri dan terletak persis di sebelah markas militer Kodam II Sriwijaya. Alamat lengkap warung mie ini yaitu Jalan Jend. Sudirman Kav 25, 20 Ilir III, Ilir Timur i, 20 Ilir D, Kec Ilir Timur I, Kota Palembang.

Letaknya yang persis pada deretan jalan arteri Kota Palembang akan sangat mudah bagi traveler menemukannya. Untuk mencapai lokasi warung juga mudah dan banyak pilihan alternatif transportasi. Karena berada pada jalan arteri, semua angkutan umum akan melintasi daerah ini.

Baik bis kota maupun angkot hanya memasang tarif Rp 5 rb untuk sekali jalan. Jika traveler bingung untuk turun dimana, paling mudah dengan turun di Kodam II Sriwijaya. Setelah turun traveler akan mudah melihat plang besar bertuliskan Warung Mie Mas Mus di atas ruko dua tingkat.

Selain itu traveler juga bisa menggunakan ojek online karena warung mie ini akan sangat mudah di temukan di Google Maps.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung?

Sumber Gambar: Google Maps @Teguh Hindarwan

Jika warung mie pada umumnya akan membuka warung di pagi hari dan tutup pada sore hari. Warung Mie Mas Mus justru sebaliknya. Mereka baru membuka warung pada pukul 17.00 WIB dan tutup pada pukul 23.00 WIB.

Namun jangan salah, meskipun jam operasional mereka tidak terlalu lama. Warung mie ini begitu banyak peminat dan pembelinya. Apalagi jika jam-jam pulang kerja dan selepas Maghrib. Banyak pengunjung yang menyerbu baik itu makan di tempat maupun bungkus dan bawa pulang.

Untuk satu porsinya sendiri Mas Mus mematok harga mulai dari Rp 35 rb. Namun traveler tidak mendapatkan satu porsi mie saja loh. Di dalam satu porsi mie sudah ada suwiran ayam, tomat, rempah-rempah dan telur rebus.

Sumber Gambar: Google Maps @Noorcholis Danandjoyo

Dengan bumbu khas yang mereka buat. Mie ini akan terasa enak sekali. Orang Palembang sendiri menyebut mie ini sebagai mie celor. Bentuknya yang lebih besar dan tekstur yang lebih kenyal membuat satu porsi mie ini terasa begitu banyak.

Jika traveler ingin berkunjung kesini paling tepat untuk berkunjung di jam 17.00 WIB sampai 19.00 WIB. Meskipun di jam segini pengunjung begitu ramai. Namun traveler harus berjaga-jaga jika stok mienya habis karena terlalu banyak pembeli.

Selain itu traveler juga bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar agar liburan traveler lebih terasa menyenangkan. Jangan lupa membawa keluarga untuk berkunjung kesini karena Warung Mie Mas Mus sangat ramah di kantong.

Kenapa Warung Mie Mas Mus Begitu Enak

Sumber Gambar: Google Maps @Oscar

Warung mie ini telah puluhan tahun berdiri dan menggunakan resep turun temurun. Bahkan warung mie ini tidak mau membuka cabang untuk menjaga kerahasiaan resep dan rasa dari mie yang tidak berubah. Karena bumbu rahasia yang mereka punya ini lah, warung mie ini memiliki makanan yang berbeda dari mie celor lainnya di Kota Palembang.

Selain itu mie celor, warung mie ini juga menyediakan gulai kambing yang begitu enak. Traveler bisa mencicipi keduanya agar tidak merasa sia-sia jika sudah berkunjung kesini. Banyak masyarakat sekitar yang memakan gulai kambing dengan nasi yang diberikan perasan jeruk nipis.

Sumber Gambar: Google Maps @NAYAMUL prasaw

Rasanya nasi yang bercampur bawang goreng dan sedikit perasan jeruk akan membuat mata melek. Karena kesegaran dari jeruk bercampur dengan nikmatnya kuah gulai kambing. Selain itu sambal yang ada di warung ini juga dibuat sendiri dengan cara digiling.

Biasanya orang-orang memakai sambal untuk menambahkan cita rasa pedas ke dalam gulai maupun mie celor yang ada. Jika traveler tidak menyukai pedas jangan coba-coba untuk mengambilnya terlalu banyak ya.

Karena Warung Mie Mas Mus berfokus pada makanan. Untuk minuman warung ini hanya menyediakan menu standar seperti Air Mineral, Teh dan Jeruk. Tidak ada tambahan minuman khas Palembang seperti Es Kacang Merah.

Meskipun begitu, merasakan sensasi kenikmatan Mie Jawa terenak di Palembang rasanya sudah cukup. Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi terkini seputar wisata di seluruh Indonesia.