in

Bakmi Manalagi yang Paling Enak di Kota Palembang Selain Disini

Sumber Gambar: Google Maps @Iwan ****

Kota Palembang tidak hanya terkenal dengan Jembatan Ampera saja loh. Ada banyak pilihan makanan yang enak di Kota Palembang untuk traveler berwisata kuliner. Salah satu makanan yang enak di Kota Palembang adalah Bakmi Manalagi.

Menurut sejarah, Kota Palembang merupakan pusat perdagangan penting. Salah satu etnis yang berpengaruh besar di Kota Palembang adalah etnis Tionghoa. Bahkan beberapa bangunan penting di Kota Palembang memiliki corak dan ornamen yang bergaya khas Tionghoa.

Makanan sendiri tidak luput dari pengaruh pencampuran budaya. Bakmi menjadi salah satu makanan enak yang banyak diminati di kota ini. Salah satu bakmi terenak yang ada di Kota Palembang adalah bakmi buatan Bakmi Manalagi.

Bakmi ini sangat cocok untuk traveler yang mencari makanan untuk sarapan ataupun makan siang bersama keluarga dan sahabat. Penasaran dengan Bakmi Manalagi?

Lokasi Bakmi Manalagi

Ada begitu banyak pilihan transportasi untuk menuju ke lokasi warung Bakmi Manalagi. Warung bakmi ini beralamat lengkap di JL. T.P. Rustam Effendi, 18 Ilir, Kec Ilir Timur I, Kota Palembang. Jika traveler ingin mengunjungi warung bakmi ini, traveler bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Pasar 16 atau Jembatan Ampera.

Untuk ongkos traveler hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 5 rb. Lokasi warung bakmi ini berada di dalam lorong di belakang Toko Bangunan Gaya Baru. Tempatnya sangat bersih dan juga tenang. Tidak perlu takut untuk berkunjung, karena warung bakmi ini memiliki meja dan kursi yang banyak.

Sulit rasanya untuk tidak kebagian tempat ketika berkunjung. Kecuali memang situasi warung yang begitu ramai. Selain bersih pelayanan di warung ini juga sangatlah cepat dan ada beberapa pilihan menu lain seperti Laksan, Roti Bakar, Nasi Uduk dll.

Karena lokasinya yang di dalam lorong, jika traveler baru pertama berkunjung kesini tidak perlu takut untuk bertanya ke masyarakat sekitar.

Cocok Untuk Sarapan

Sumber Gambar: Google Maps @Vony Huang

Bakmi Manalagi selalu buka setiap hari dari pukul 06.00 WIB sampai 14.00 WIB. Karena memang ada berbagai pilihan menu, banyak orang-orang yang datang hanya untuk sekedar mengisi perut di pagi hari. Selain bakmi, warung ini juga menjual Pempek, Laksan, Burgo, Model dll.

Selain itu warung bakmi ini juga memiliki tempat yang bersih dengan pelayanannya yang cepat. Tidak heran warung Bakmi Manalagi bisa bertahan hingga 40 tahun lamanya. Saat ini warung bakmi ini terus diturunkan ke keluarga turun-temurun.

Selain bakminya, orang-orang juga banyak memesan telur setengah matang di warung bakmi ini untuk mengawali pagi hari mereka. Biasanya warung akan sangat ramai pada pukul 06.00 WIB sampai 08.00 WIB. Jika traveler takut tidak kebagian tempat, bisa menghindari di jam sibuk ini.

Catatan penting yang harus traveler ketahui adalah jam tutup. Meskipun Bakmi Manalagi ini tutup pada pukul 14.00 WIB. Namun karena ramainya pengunjung, warung bakmi ini kerap kali menutup pada jam 12.00 WIB. Bakmi mereka sering kali kehabisan jauh sebelum waktunya untuk tutup.

Namun jika traveler menyukai situasi yang cukup ramai, cobalah datang diantara jam 07.00 WIB sampai 08.00 WIB. Karena beberapa orang sudah mulai meninggalkan warung untuk bersiap bekerja. Sehingga traveler bisa kebagian tempat dan bisa bercengkrama dengan pengunjung lainnya.

Perbedaan Bakmi Manalagi dengan Bakmi Lain

Menu di Warung Bakmi Manalagi
Sumber Gambar: Google Maps @Andrias Tongam Tampubolon

Perbedaan dari Bakmi Manalagi dan bakmi lainnya yang ada di Indonesia adalah jenis ayam yang mereka gunakan. Warung bakmi ini lebih memilih menggunakan ayam kampung. Selain itu warung bakmi ini menggunakan bahan yang mereka buat sendiri.

Cita rasa dari bakmi juga enak. Mienya kenyal dan memiliki cita rasa gurih. Jenis mie yang digunakan juga mie tipis dan panjang. Satu porsi dari bakmi ini sangat banyak sehingga traveler pasti akan kekenyangan untuk makan satu porsi saja.

Dalam satu porsi juga dilengkapi dengan toping ayam suwir dan sayuran. Selain itu sup kaldunya juga gurih dan enak. Traveler bisa menambahkan condiment seperti kecap, saus ataupun sambal agar cita rasa bakminya lebih kaya.

Sumber Gambar: Google Maps @rin

Bagi traveler yang beragama islam tidak perlu takut, karena semua bahan yang dipakai oleh warung bakmi ini adalah halal. Dari bahan makanan dan cara pengolahan tidak perlu ditakuti. Selain bakmi, wisato.id juga merekomendasikan traveler untuk mencicipi model yang ada disana.

Rasa ikan dari Model benar-benar terasa. Selain itu kuah dari modelnya sangat gurih dan lezat. Traveler juga bisa mengkombinasikan model dan bakmi menjadi satu. Untuk minuman Wisato.id merekomendasikan traveler mencicipi Es Kopi Susu yang dijual di warung ini.

Selepas sarapan dan kenyang, traveler bisa kembali mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di Kota Palembang. Jangan lupa untuk mencicipi Pindang Patin khas Kota Palembang untuk makan siang ataupun sore.

Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi terkini seputar wisata di Indonesia.