in

Rumah Makan Ayong 999 – Mie Goreng Dan Nasi Telur Viral

Sumber Gambar : @img-global.cpcdn.com

Kalimantan Barat, Pontianak memang daerah yang memiliki begitu banyak kuliner yang memanjakan lidah. Hidangan yang ditawarkan oleh daerah yang dilintasi garis Khatulistiwa ini juga berasal dari berbagai etnis. Wajar saja karena Kalimantan Barat memiliki begitu banyak  kebudayaan dari berbagai etnis sebut saja Tionghua, Dayak dan juga Melayu.

Banyak wisatawan – wisatawan dari luar Pulau Kalimantan yang jatuh hati dengan kulineran dari tanah Borneo ini. Sebut saja Kue Bulan yang biasa dihidangkan ditanggal tertentu tapi tentu saja bisa anda beli kapan saja, hanya saja akan berbeda kalau kalian santap di tanggal yang dimaksud. Atau Bubur Pedas hidangan khas dari etnis melayu ini akan membuat kalian merasakan nikmatnya bubur dengan tekstur yang unik.

Kalau makanan – makanan di yang disebutkan di atas sudah pasti rasanya tidak diragukan dan banyak dari kalian yang datang secara khusus untuk makanan – makanan di atas untuk dinikmati langsung atau untuk oleh – oleh. Karena makanan di atas adalah makanan khas, tapi tahukah kalian kalau ada rumah makan di Pontianak begitu “Viral” dengan menu “Mie Goreng dan juga Telur Goreng?”

Rumah makan yang di maksud adalah Rumah Makan Ayong 999, rumah makan yang sempat viral bukan karena menjual makanan khas Pontianak tapi hanya dengan menu “sederhana”. Ini juga sebagai pembuktian kalau mau viral tidak perlu mewah kok, sederhana juga bisa.

Rumah Makan Ayong 999

Sumber Gambar: Instagram @kulinerkotapontianak

Rumah Makan Ayong 999, rumah makan yang pertama kali berdiri dan beroperasi 25 tahun yang lalu. Rumah makan ini sempat begitu viral dengan menu “Nasi Telor Ayong” miliknya. Hampir semua chanel youtube kala itu mereview rumah makan ini. Sampai salah satu vlogger makan kenamaan Nex Carlos juga sampai mampir ke rumah makan ini sekedar mencicipi hidangan sederhana ini.

Awal berdirinya rumah makan ini terjadi pada pertengahan tahun 1996, awalnya rumah makan ini berlokasi tidak di tempat yang sekarang ya sahabat Wisato. Akan tetapi berada tepat di seberang jalan di lokasi yang sekarang. Dulu rumah makan ini tidak memiliki nama jadi orang – orang mampir ke rumah makan ini karena makanannya dan mengingat lokasinya saja.

Nah, kemudian kenapa namanya menjadi Rumah Makan Ayong 999? Nama Ayong sendiri adalah nama pemilik pertamanya. Jadi banyak sekali rumah makan terutama rumah makan milik etnis Tionghua yang menggunakan nama sendiri sebagai nama rumah makannya di Pontianak. Dan rumah makan ini salah satunya dan angka 999 itu diambil oleh pemilik rumah makan ini dari sebuah produk obat sakit maag yang sering dia saksikan di layanan parabola. Selain itu juga angka 9 itu memiliki arti yang sangat baik seperti membawa “Hoki” atau “Keberuntungan” maka digunakanlah angka itu. Nama tersebut juga digunakan setelah bertahun –  tahun lamanya rumah makan ini beroperasi atau tepatnya pada tahun 2007.

Menu – Menu Di Rumah Makan Ayong 999

Sumber Gambar: Instagram @yantiisteffany

Sudah pasti menu andalan di rumah makan ini adalah Nasi telur dan Mie gorengnya ya sahabat Wisato. Menu Nasi Telurnya sangat sederhana hanya nasi yang diatasnya diberi telur mata sapi saja. Telurnya bisa direquest mau matang atau setengah matang saja dan telur setengah matang inilah yang biasanya menjadi favorit para pelanggannya. Selain dua menu andalan rumah makan ini ada menu – menu lain yang tidak kalah nikmatnya. Sebut saja Nasi Goreng dan juga Cah Tauge Sawi.

Untuk menu nasi gorengnya sekilas terlihat seperti nasi goreng pada umumnya tapi kalau dirasakan dengan teliti ada rasa yang unik. Ya, rasa yang unik tersebut adalah rasa dari ebi. Ebi yang sebelumnya sudah diblender halus ditambahkan ke nasi goreng yang dimasak dengan sayuran sawi serta tauge dan ditambahkan kecap asin yang menambah gurih masakan ini.

Yang membuat rumah makan ini begitu digemari selain rasanya yang memang nikmat di lidah adalah harganya yang sangat murah. Kalian bisa menikmati hidangan yang ditawarkan rumah makan ini  mulai dari Rp. 15.000 saja. Murah bukan?

Jadi buat kalian yang sedang berada di Kota Pontianak ingin mencicipi makanan enak tapi murah sepertinya Rumah Makan Ayong 999 bisa menjadi solusinya. Penasaran? Silahkan dicoba.