in

Nasi Ayam Dengan Cita Rasa Khas Bali Ala Warung Nasi Bu Oki

Sumber Gambar : Instagram @kangensamabali

Siapa sih yang tidak ingin jalan – jalan ke Pulau Bali, Pulau yang punya julukan Pulau Dewata? Pulau indah yang tidak hanya memiliki destinasi wisata alam super indah tetapi juga memiliki wisata budaya yang akan membuat kalian takjub tidak lupa kuliner Bali yang sangat khas dan juga memanjakan lidah.

Banyak hidangan dari Pulau Bali yang akan membuat kalian ingin kembali dan mencoba hidangan itu kembali. Salah satunya adalah nasi ayam yang disajikan di sebuah warung makan bernama Warung Nasi Ayam Bu Oki. Di Warung Nasi Ayam Bu Oki ini menawarkan nasi ayam yang diolah dengan bumbu – bumbu khas Bali yang dijamin akan membuat kalian kembali lagi untuk mencoba hidangan yang satu ini.

Berawal Dari Kaki Lima

Warung makan yang satu ini memang cukup terkenal dan digemari oleh masyarakat Bali, karena dari awal Bu Oki memang sudah dan selalu menggunakan bumbu Bali sebagai ciri khas masakannya. Sehingga warga lokal menyukai hidangan ini dan warga luar Bali bisa menikmati sensasi masakan Bali di warung makan ini.

Selain itu Bu Oki sengaja memilihin hidangan berbahan dasar daging ayam karena memang lebih memiliki banyak peminat. Selain ayam Bu Oki juga sayur urap yang berisi kacang Panjang dan kelapa yang kemudian dicampur dengan tentunya bumbu khas Bali. Akan tetapi warung makan yang terkenal ini memulai semuanya dari bawah lho sahabar Wisato.

Bu Oki pertama kali merintis usaha kulinernya dari kaki lima, tidak butuh waktu lama usaha Bu Oki ini pun berkembang sangat pesat. Dari usaha yang awalnya dari kaki lima sekarang Bu Oki sudah mempunyai lima cabang untuk usaha kulinernya ini.

Sambal Matah Yang Menjadi Andalan

Sumber Gambar : Instagram @dwityas_83

Di warung makan ini juga Bu Oki menyajikan sambal matah yang sangat digemari oleh pelanggannya. Buat kalian yang tidak tahu, sambal matah merupakan sambal tradisional Bali yang dapat kalian temukan di seluruh daerah di Provinsi Bali. Yang di mana “Matah” memiliki arti mentah dalam Bahasa Indonesia. seperti namanya sambal matah merupakan sambal yang berbahan mentah tanpa harus diulek.

Bahan – bahan yang biasa digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam,sereh, jeruk lemo dan juga minyak kelapa. Sebenarnya nama sambal ini sendiri sudah dirubah oleh pihak pariwisata. Kenapa begitu? Sambal ini aslinya bernama “sambel bawang” tapi untuk menghindari persamaan dengan sambal bawang yang dikenal di luar Bali maka pihak pariwisata pun mengubah nama sambal ini menjadi sambal matah.

Sumber Gambar: Google Maps @Jay Idoan Sihotang

Nah, sambal matah yang diolah oleh Bu Oki memiliki rasa otentik yang Bali banget sahabat Wisato. Maka wajar rasanya apabila banyak sekali pelanggan dari warung makan ini yang begitu menyukai hidangan ini termasuk si sambal matah.

Sepiring Nasi Ayam Dengan Lauk Melimpah

Sumber Gambar : Instagram @amazingindonesiafood

Seporsi nasi ayam Bu Oki bisa kalian dapatkan dengan harga yang cukup murah seporsi hanya dibanderol Rp. 25.000. Cukup murah bukan ?. Akan tetapi dengan Rp. 25.000 kalian sudah bisa mendapatkan lauk yang bisa dibilang mewah. Bayangkan dalam satu porsi Nasi Ayam kalian akan mendapatkan Ayam Betutu, Ayam Suwir, Ayam Sambal Matah, Telur, Sate Lilit dan urap serta sambal yang akan membuat lidah anda bergoyang.

Sumber Gambar: Google Maps @Winarto Setyadharma

Untuk sate yang disajikan di warung makan ini jgua berbeda dengan yang lain, kalau yang lain ditusuk di warung makan ini sate diolah dengan dililit. Kemudian satenya dipanggang dengan api kecil yang membuat aroma arangnya begitu berasa. Dan untuk menu andalannya sendiri adalah ayam betutu dengan sambal yang sangat mantap.

Untuk ayam betutu di warung makan ini ada dua jenis ayam betutu yang kering dan juga ayam betutu yang basah. Ditambah lagi dengan bumbu khas Bali yang akan memanjakan lidah kalian pokoknya.

Jadi buat kalian yang ingin mencoba hidangan ini bisa langsung datang ke Warung Nasi Ayam Bu Oki yang beralamat di Jalan Celagi Basur No. 3Y, Jimbaran dan buka mulai dari jam 07.00 WIB hingga jam 18.00 WIB. Tapi buat kalian yang lag imager bisa juga memesan hidangan ini via aplikasi online.