in

Nikmat Dan Gurihnya Soto Sampah Yang Melegenda

Sumber Gambar: puteramentari.com

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar kata “sampah”? Tentu saja pertama kali yang terngiang di kepala kalian adalah jorok dan tidak baik bagi kesehatan kalian, akan tetapi tahukah kalian jika di Kota Yogyakarta adalah hidangan bernama Soto Sampah?
Tentu saja hidangan yang satu ini jauh dari kata jorok yang ada di pikiran kalian dan bahkan menyantapnya di pagi hari akan sangat baik untuk kesehatan kalian serta membuat mood kalian menjadi lebih baik.

Sumber Gambar: Google Maps @Chick Chick (RL)

Soto Sampah ini sendiri merupakan salah satu hidangan yang sudah sangat populer dan selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung, terutama pada saat sarapan karena banyaknya yang ingin menikmati semangkuk Soto Sampah sebelum melakukan aktivitas. Tempat makan Soto Sampah ini sendiri mulai dibuka pada pukul 07.00 pagi dan akan terbuka hingga jam 03.00 pagi sehingga kalian tidak perlu khawatir tidak dapat menikmati lezatnya Soto Sampah ini.

Soto Sampah merupakan hidangan soto yang wajib kalian nikmati jika kalian memang pecinta hidangan soto dan kebetulan sedang berada di Kota Yogyakarta untuk menghabiskan waktu liburan kalian.

Sudah Ada Sejak Tahun 1970

Sumber Gambar: Google Maps @ Orcavision cctv

Sebenarnya tidak mengherankan kenapa Soto Sampah ini sangat populer dan begitu dikenal oleh warga lokal hingga para wisatawan yang berasal dari luar Kota Yogyakarta, hal ini dikarenakan Soto Sampah ini sendiri sudah ada sejak tahun 1970. Tentu saja pada awalnya nama hidangan soto ini sendiri bukanlah Soto Sampah akan tetapi Soto Simak atau Soto Becak.

Hal ini dikarenakan mayoritas pembelinya adalah tukang becak yang memang pada waktu itu masih sangat banyak, sehingga tidak heran jika soto yang satu ini kemudian disebut sebagai Soto Becak.

Asal Mula Penamaan Soto Sampah

Sumber Gambar: Google Maps @ Rinna D. Rahayu

Seperti yang sudah kami singgung sedikit di atas jika pada awalnya Soto Sampah ini sendiri bernama Soto Becak, yang mana perlahan – lahan nama tersebut kemudian dilupakan dan menjadi Soto Sampah yang dikenal hingga saat ini. Sebenarnya nama Soto Sampah ini sendiri mulai dikenal oleh orang banyak semenjak tahun 2009 ketika hidangan yang satu ini menjadi semakin dikenal oleh banyak orang.

Salah satu alasan kenapa soto ini dinamakan Soto Sampah adalah penggunaan lemak sapi atau gajih sapi yang membuat tampilan dari Soto Sampah ini menjadi sangat berantakan layaknya “sampah”. Akan tetapi jangan tertipu dengan namanya karena walaupun namanya Soto Sampah akan tetapi cita rasa yang ditawarkan akan membuat kalian ketagihan berkat rasanya yang sangat nikmat.

Hidangan Utama Dan Juga Hidangan Pelengkap Soto Sampah

Sumber Gambar: Google Maps @ bumbu masakan

Soto Sampah memang memiliki penampilan yang berantakan akan tetapi rasanya tidak akan membuat kalian kecewa dan kalian bahkan ketagihan dengan rasanya yang memanjakan lidah kalian. Soto Sampah terdiri dari dua macam soto yaitu soto ayam dan juga soto daging sapi yang dapat kalian pilih sesuai dengan selera kalian masing – masing, tenang saja karena rasanya sama – sama lezat kok.

Sumber Gambar: Google Maps @Nazzala Zakka Wali

Dalam seporsi soto mau itu ayam maupun daging sapi akan berisikan tauge, kol, bihun, gajih sapi, juga siraman kuah soto yang gurih yang dapat kalian nikmati dengan nasi panas serta hidangan pelengkap lainnya. Untuk membuat hidangan ini menjadi lebih nikmat kalian dapat memesan hidangan pelengkap seperti sate usus dan telur, ati ampela, kepala ayam, ceker, gorengan, perkedel, hingga sosis solo.

Apalagi hidangan Soto Sampah yang lezat ini dapat kalian nikmati dengan harga yang relatif terjangkau, bahkan hidangan pelengkapnya sendiri dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Lokasi Dan Alamat Soto Sampah

Soto Sampah memang hidangan yang pas tidak hanya untuk menemani waktu sarapan kalian akan tetapi juga makan siang kalian, apalagi karena tempat makan Soto Sampah ini sendiri buka hampir 24 jam. Buat kalian yang merasakan nikmatnya Soto Sampah maka kalian dapat mengunjungi lokasinya yang dapat kalian temukan di Jalan Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, jika sedang menghabiskan waktu liburan kalian di Kota Yogyakarta dan senang dengan hidangan soto maka hidangan Soto Sampah ini adalah salah satu hidangan yang wajib untuk kalian coba.