OUR NETWORK

Oleh-Oleh Khas Penajam Paser Utara

Amplang Ikan Bandeng

Sumber: Instagram @mainnieamran

Paling khas, paling terkenal dari Penajam Paser Utara, ya, Amplang Ikan Bandeng, Bentuknya mirip dengan kerupuk.

Walaupun terbuat dari ikan bandeng, tapi amplang tidak memiliki rasa amis. Rasanya yang kriuk-kriuk gurih, akan membuat anda ketagihan. Terlebih ketika disantap saat nonton TV atau bersantai bersama keluarga. Makanya, jangan beli oleh-oleh renyah ini cuman satu bungkus, ya. Murah, kok, kalem aja.

Batik Penajam Paser Utara

Sumber: Instagram @dm_batik

Penajam Paser Utara pun memiliki batik khas tersendiri, loh. Motif cukup beragam seperti rusa, rotan, dan lain-lain. Salah satu yang paling kerap diborong, adalah hem batik seperti yang terlihat pada gambar di atas. Keren, kan? Wajib banget, nih, buat dibawa pulang.

Kain Songket

Sumber: Instagram @Bunga_galerry

Tidak hanya Sumatera, Penajam Paser Utara pun memiliki kain songket yang tidak kalah cantik. Anda bisa menemukannya dengan mudah di pusat oleh-oleh. Harganya sekitar 80 ribu untuk 2 meter kain songket.

Sarung Khas Penajam Paser Utara

Sumber: Instagram @arifinbazghouts

Selain batik, dan kain songket, Penajam Paser Utara juga memiliki sarung khas asli homemade masyarakat di sana. Sarung tersebut memiliki beragam corak dan pilihan namun tetap mengutamakan khasanah budaya dan seni yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Produk ini sangat disukai oleh para wisatawan karena memiliki kualitas yang bagus dan cocok untuk dijadikan cinderamata.

Ayam Cincane

Sumber: Instagram @Zoeriio

Tahukah anda, dulunya Ayam Cincane hanya dihidangkan ketika ada upacara adat saja, loh. Misalnya seperti upacara pernikahan, kelahiran dan lain lain. Namun sekarang masakan lezat yang satu ini dapat dengan mudah ditemui di warung warung Penajam Paser Utara.

Ayam Cincane terbuat dari bahan dasar ayam kampung. Jenis ayam tersebut dipilih karena memiliki daging yang lebih enak dan gurih dibandingkan ayam broiler. Daging ayamnya diberikan bumbu rempah-rempah seperti kemiri, lengkuas, dan jahe. Ayam ini kemudian dibakar di atas bara api, namun bisa juga dengan cara di goreng. Coba perhatikan gambar di atas, menggiurkan sekali bukan?

Pisang Gapit

Sumber: Instagram @vthree2107

Pisang Gapit ini nyaris mirip dengan Pisang Ape dari Sulawesi Selatan. Jika pisang Ape dimakan dengan saus sambal merah, sedangkan Pisang Gapit dengan sambal durian atau saus caramel yang terbuat dari santan kental dan gula merah.

Penamaanya sendiri berasal dari cara memasaknya yaitu digapit menggunakan papan kayu yang memiliki ukuran sebesar talenan. Bahan dasarnya bisa pisang kepok, pisang tanduk, pisang sanggar dan lain lain  Pisang Gapit pun tersedia dalam olahan keripik. Tetap enak ketika dicocol dengan sambal durian atau saus caramel.

Intinya, jika ingin membawa jajanan manis ini sebagai oleh-oleh, jangan lupa juga memboyong sambal durian atau saus caramelnya, ya.

Tas Rotan

Sumber: Instagram @Borneo_etnik

Kalimantan Timur terkenal akan hasil rotannya yang berkualitas, tidak heran jika kerajinan tangannya pun ikut merajalela. Tas rotan misalnya, yang merupakan karya kreatif nan elegan masyarakat Penajam Paser Utara. Tas ini begitu cantik, dengan motif khas dayak. Sangat unik dijadikan buah tangan untuk sahabat, atau istri tercinta.

Sate Payau

Sumber: Instagram @rindacakeandsteakhouse

Dalam bahasa setempat, Payau artinya Rusa. Jadi, Sate Payau, adalah sate yang terbuat dari daging rusa. Rasanya enak dan lezat dengan kekhasan daging rusa yang sangat lembut. Bahkan lebih lembut dari daging sapi

Sayangnya, sate nikmat ini hanya dapat ditemukan pada waktu-waktu tertentu saja. Misal, ketika ada acara festival besar di Kaltim dan Upacara Adat. Jadi, jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh, anda harus datang ke Penajam Paser Utara pada moment yang tepat. Mudah, kok, rajin-rajin saja cek kalender event di Kaltim.

Anjat Mini

Sumber: Instagram @nabasfamily_store

Anjat merupakan kerajinan tangan khas dari Suku Dayak Kenyah yang terbuat dari rotan Anjat memiliki bentuk seperti tabung, dan merupakan jenis tas kaitan punggung sama seperti ransel.

Bagi pria Suku Dayak, Anjat sering dipakai untuk membawa barang ketika bepergian dan wadah bekal berburu ke hutan. Jika anda mencari cinderamata dari Penajam Paser Utara yang memiliki nilai seni dan histori yang tinggi, maka membeli Anjat mini adalah pilihan yang tepat.

Cimi-Cimi

Sumber: Instagram @dapurcemils

Namanya sangat unik, ya. Tapi, coba tebak makanan apa ini? Cimi-Cimi itu adalah camilan stik asli  yang terbuat dari bahan tepung, dan campuran kepiting. Bentuknya seperti stik bawang. Rasanya renyah, gurih dan asin. Sekali makan rasanya sulit untuk berhenti bahkan sebelum seisi toples habis hihi.

Comments

Loading...