in

Pepes Jambal H. Emin – Hidangan Lezat Dari Kota Padi

Sumber Gambar : @thehungrydoctor.net

Kota Karawang, kota yang terkenal dengan julukan Kota Padi ini memang tidak salah menjadi pilihan buat kalian yang ingin wisata kuliner. Julukan Kota Padi sendiri didapatkan Kabupaten Karawang karena menjadi lumbung padi atau penghasil padi terbesar di Indonesia. Tapi Kabupaten Karawang juga punya julukan yang agaknya sedikit bertolak belakang dengan julukan yang pertama. Yaitu julukan Kota Industri. Agak bertolak belakang bukan ?

Julukan ini memang cocok untuk Kabupaten Karawang karena memang banyak sekali pabrik yang dibangun di kota ini. Sesuai dengan julukan itu, sekarang ada ribuan perusahan dan juga pabrik yang telah berdiri di atas lahan yang mencapai jutaan hectare. Berdasarkan data yang dihimpun dari Disnakertrans Karawang hingga tahun 2018 memiliki sebanyak 1.726 pabrik yang telah beroperasi.

Kembali ke masalah kuliner di Karawang, Karawang sendiri memiliki begitu banyak makanan khas dan hidangan yang akan memanjakan lidah kalian. Hidangan khas dari Karawang ini pasti akan membuat kalian ketagihan. Sebut saja Serabi Hijau , Tahu Bambu, Gegeplak, Kawista Madu, Opak Ketan dan masih banyak lagi.

Jadi tidak heran kalau banyak wisatawan lokal yang suka membawa pulang oleh – oleh khas dari Karawang ini. Selain oleh – oleh yang beragam jenisnya dengan rasa yang dijamin tidak bikin anda menyesal, Karawang juga memiliki hidangan yang tidak kalah enak dan terkenalnya dengan oleh – oleh yang khas. Salah satunya adalah hidangan PEPES ikan.

Nah, untuk hidangan yang satu ini kalian bisa mencobanya di rumah makan yang cukup terkenal di daerah ini. Rumah makan itu adalah Pepes Jambal H. Emin.

Apa Itu Pepes Jambal?

Sumber Gambar : @thehungrydoctor.net

Seperti namanya hidangan ini berbentuk pepes ya sahabat Wisato. Layaknya pepes pada umumnya hidangan ini juga diolah dengan dibungkus daun pisang. Hanya saja yang membedakan adalah daging olahannya saja. Apabila kebanyakan menggunakan ikan mas, rumah makan milik H. Emin ini menggunakan ikan Jimbal atau Patin Jambal.

Lalu apa itu Patin Jambal ? Sesuai namanya ya ikan ini sejenis ikan patin yang lebih dikenal dengan sebutan “Patin Lokal”. Ikan ini sendiri tercatat menyebar di Pulau Sumatra, Kalimantan dan juga Jawa. Jadi ikan ini sudah sangat umum. Nama rumah makan ini sendiri sudah pasti di ambil dari sang pemilik ya sahabat Wisato.

Variasi Menu Hidangan Dengan Pelayanan Super Cepat

Sumber Gambar : @thehungrydoctor.net

Menu utama dari rumah makan ini sudah pasti Pepes Jambal tapi bukan berarti rumah makan ini tidak memiliki menu lain. Buat kalian yang ingin mencoba menu lain selain pepes jambal bisa juga memesan menu lain. Menu – menu tersebut adalah Pepes Ikan Mas, Ikan Pedah Asin, Pepes Tahu, Pepes Ayam, serta Pepes Jamu. Tidak lupa di semua menu akan ditemani lalapan dan sambel hijau yang akan memanjakan lidah kalian. Apalagi sayur asemnya yang segar atau sayur bening yang nikmat.

Pesanan kalian pun akan disajikan dengan cepat, bagaimana tidak cepat. Apabila kalian mengintip ke bagian dapur kalian akan menyadari kalau ada sekitar enam hingga tujuah orang ibu – ibu yang sedang memproses pesanan. Masing – masing dengan “job desk”nya sendiri – sendiri.  Ada yang bertugas memotong ikan, mengolah bumbu dan juga yang bertugas untuk membungkus dengan daun pisang muda. Semua itu dikerjakan dengan sangat terampil karena puluhan bungkus pepes mereka kerjakan hanya dalam waktu singkat.

Sumber Gambar: Google Maps @Zulfitr Rifaie

Pemanggangannya juga dilakukan dengan cepat dan juga efisien. Puluhan bungkus pepes pesanan akan diletakkan di atas lantakan besar di atas tungku kayu yang besar dan luas. Karena itu kalian tidak perlu heran kenapa penyajiannya begitu cepat dan kalian tidak perlu menunggu terlalu lama. Dari kalian membuat pesanan kalian hingga pesanan kalian tersaji di depan kalian tidak membutuhkan waktu lebih dari 10 menit. Cepat bukan ?

Nah, untuk sambal nih. Ada dua macam sambal yang di sediakan, bagi kalian yang menyukai sambal pedas yang penuh tantangan bisa mencoba sambal merahnya. Akan tetapi buat kalian yang tidak mau sampai sakit perut bisa mencoba sambal hijaunya saja. Sama – sama enak dan juga bisa membuat kalian berkeringan kok.

Buat kalian yang mau ke rumah makan Pepes Jambal H. Emin ini bisa langsung ke lokasinya yaitu di Jalan Bendungan Walahar No. 65 RT.6 / RW. 2 Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Dijamin kalian tidak akan menyesal deh.