in

Soto Kadipiro – Tempat Makan Soto Legend Yang Wajib Kalian Kunjungi

Sumber Gambar: tripadvisor.co.id

Daerah Istimewa Yogyakarta memang sebuah daerah wisata yang sangat mengesankan dan sangat sayang jika kalian lewatkan, ada banyak sekali hal – hal dari Yogyakarta yang sangat mempesona. Tidak hanya karena lokasi wisatanya saja yang mengesankan, tapi masih ada banyak lagi pesona yang tidak kalah mengesankannya misalnya saja kulinernya.

Kota Yogyakarta memang menjadi salah satu lokasi yang sangat layak untuk kalian kunjungi jika ingin berwisata kuliner karena memang terkenal dengan hidangan – hidangannya yang khas dan salah satunya adalah Soto. Jika kalian adalah pecinta hidangan soto dan sedang berada di Kota Yogyakarta maka ada satu tempat melegenda yang patut untuk kalian kunjungi yaitu, Soto Kadipiro.

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Bakr Muhlison

Kota Yogyakarta sendiri memang terkenal dengan hidangan soto yang mereka miliki, kalian akan menemukan banyak sekali tempat makan yang menjual hidangan soto ini akan tetapi Soto Kadipiro adalah salah satu yang wajib untuk kalian coba.

Cita Rasa Sejak Tahun 1921

Sumber Gambar: Google Maps @ Barra Selabean

Menurut kabar yang beredar jika Soto Kadipiro ini sendiri sudah mulai dibuka pada tahun 1921 yang mana membuat Soto Kadipiro ini menjadi salah satu tempat makan yang sangat melegenda. Walaupun sudah dibuka sejak lama akan tetapi cita rasa dari Soto Kadipiro ini sendiri tetap terjaga dan otentik, sehingga tidak heran jika Soto Kadipiro memiliki begitu pelanggan setia dan selalu penuh.

Soto Kadipiro ini sendiri selalu ramai dikunjungi dikunjungi, terutama pada pagi hari oleh mereka yang ingin menikmati semangkuk soto sebelum melakukan aktivitas mereka di hari itu. Akan tetapi kalian harus mencari Soto Kadipiro yang “asli” karena saat ini kalian akan menemukan banyak sekali tempat makan yang menggunakan nama “Soto Kadipiro” yang hanya ditambahkan dengan angka, misalnya Soto Kadipiro II.

Cita Rasa Yang Masih Otentik

Sumber Gambar: Google Maps @ Pecinta Jembatan Air Talang Pringsewu

Untuk menjaga rasa dari Soto Kadipiro agar tetap otentik maka sampai saat ini cara memasaknya masih menggunakan cara yang tradisional yaitu dengan menggunakan kuali tanah liat dan masih dibakar menggunakan kayu bakar. Soto Kadipiro ini sendiri memiliki rasa yang cukup berbeda dengan soto yang ada di Kota Yogyakarta pada umumnya yang memiliki rasa manis.

Sumber Gambar: Google Maps @Hafidz Fathurrahman Pratama

Soto Kadipiro memiliki rasa yang gurih akan tetapi tidak ada rasa manis yang mana berkat sentuhan bumbu kemiri dan juga kunir, akan tetapi cita rasa tersebut yang kemudian membuatnya sangat dikenal.

Menu Di Soto Kadipiro

Sumber Gambar: Google Maps @ REZA RESDILLA

Kalian hanya dapat menikmati satu jenis soto saja di Soto Kadipiro ini, yaitu soto ayam yang dapat kalian nikmati dengan nasi terpisah atau juga nasi yang langsung dicampur ke dalam sotonya. Akan tetapi walaupun hanya menjual satu soto utama saja akan tetapi kalian akan menemukan cukup banyak hidangan pendamping yang dapat kalian pesan untuk membuat soto milik kalian menjadi lebih lezat dan nikmat.

Sumber Gambar: Google Maps @sri hargono

Selain soto ayamnya sendiri kalian dapat menikmati berbagai macam hidangan pendamping seperti perkedel, tempe goreng, sate telur puyuh, ayam paha atas dan ayam tanpa tulang, kalian juga dapat menikmati dengan taburan bawang goreng dan juga kecap manis. Sedangkan untuk menu minumannya sendiri cukup standar yaitu air mineral, teh dan juga minuman jeruk yang mana untuk teh atau jeruk dapat kalian nikmati dingin maupun panas sesuai dengan selera kalian.

Lokasi Dan Alamat Soto Kadipiro

Seperti yang sudah kami infokan di Kota Yogyakarta kalian akan menemukan banyak sekali tempat makan yang menjual soto dengan menggunakan nama “Soto Kadipiro” sebagai nama tempat makan mereka. Sehingga kalian harus menemukan tempat yang “asli” sehingga tidak akan kecewa saat menyantap hidangan Soto Kadipiro pertama kalian.

Soto Kadipiro yang “asli” ini sendiri dapat kalian temukan tempatnya di Jalan Wates No.33, Kadipiro, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang sebenarnya cukup mudah untuk ditemukan. Patokannya sendiri adalah sebuah tempat makan lainnya Waroeng Steak & Shake yang mana juga cukup populer di Kota Yogyakarta.

Warung “asli” Soto Kadipiro ini sendiri tidak terlalu besar dan bahkan memiliki plang nama atau sign board yang juga tidak terlalu besar pula dan satu lagi jika Soto Kadipiro yang asli tidak menggunakan plastik jika kalian ingin memesan untuk dibawa pulang. Dengan kata lain kalian harus menyiapkan wadah kalian sendiri jika ingin menikmati Soto Kadipiro ini di rumah.