in

Kesejukan Gemuruh Air di Air Terjun Mantembu Pulau Yapen

Suasana Air Terjun Mantembu
Sumber Gambar : Twitter @Kotaserui

Kalau bicara mengenai wisata ekonomi bahari di Papua pasti traveler sudah tidak kaget lagi tentang betapa indahnya laut Papua. Kita tahulah keindahan laut Papua seperti apa, tpai mungkin traveler bosan jika hanya pantai dan laut. Bagaimana dengan air tawar? Ya betul Air Terjun Mantembu di Papua tidak kalah indah loh.

Air terjun ini merupakan bagian dari kekayaan alam yang ada di Teluk Sarawandori, Kepulauan Yapen, Papua Barat. Yapen terbentuk dari gugusan pulau, sehingga sejak awal perjalanan traveler akan disuguhi begitu banyak keindahan.

Gugusan pulau yang berdekatan persis seperti puzzle yang dibuat oleh alam. Sejak diperjalanan traveler telah disuguhi birunya laut, pasir pantai yang putih serta hijaunya pepohonan yang membentang disetiap sudut.

Suasana di daerah teluk benar-benar sejuk. Letaknya yang strategis dan berdekatan dengan Teluk Mioka membuat teluk ini begitu istimewa. Pertemuan menakjubkan dari alam bagaimana birunya laut bercampur dengan beningnya air sungai membuat air menjadi  berwana hijau toska.

Teluk Sarawandori seolah-olah memberitahu kalau tempat ini merupakan ketenangan, kebijaksanaan dan juga kesabaran lewat alam yang ia tampilkan. Nah penasaran bagaimana sih pemandangan yang ada di Air Terjun Mantembu?

Baca selengkapnya di Wisato.id

Cara ke Lokasi Air Terjun Mantembu

Sabar dulu traveler, sebelum kita menilisik lebih jauh tentang Air Terjun Mantembu. Kita sebaiknya perkirakan dulu nih berapa budget yang perlu traveler siapkan dan jalur apa saja yang harus dilewati untuk sampai kesana.

Seperti biasa agar traveler pembaca Wisato.id diseluruh Indonesia lebih mudah memahami dan memperikana budgetnya. Kita asumsikan perjalanan traveler dimulai dari ibukota kita tercinta, Kota Jakarta.

Akses paling mudah adalah menuju kota Serui. Namun belum ada pesawat yang langsung ke Serui traveler. Sehingga awal perjalanan kita terbang menuju Biak. Kocek yang harus traveler keluarkan sekitar Rp 3 juta ke Biak.

Biasanya untuk ke Biak akan ada 2x transit, Jakarta – Makasar, Makasar – Jayapura, Jayapura – Biak. Traveler harus mentiapkan waktu satu hari ya. Karena transit di Jayapura mengharuskan traveler menginap.

Tapi traveler bisa sedikit bersabar berburu tiket pesawat. Karena jika traveler beruntung, traveler bisa hanya 1x transit di Makasar dan langsung menuju Biak. Perjalanan hanya sekitar 6 jam jika hanya 1x transit.

Lanjut perjalanan dari Biak traveler punya dua pilihan jalur yang bisa dilalui yaitu udara dan laut. Jika lewat udara traveler harus merogoh kocek sekitar Rp 800 ribu dengan waktu tempuh 30 menit saja. Ada beberapa maskapai yang membuka ke penerbangan ini dengan pesawat kecil yang berkapasitas 46 orang. Tapi ada juga maskapai dari mantan Menteri Perikanan kita loh, Susi Air, pesawatnya lebih kecil hanya bermuatan 12 orang saja.

Baca Juga : Rawa Biru Sosok Manusia Sejati yang Ada Di Merauke
Gugusan Pulau Kota Serui
Sumber Gambar : Twitter @Kotaserui

Tapi jika traveler tidak ingin naik pesawat atau punya sedikit ketakutan jika menaiki pesawat kecil, traveller bisa menaiki kapal laut. Cukup dengan merogoh kocek Rp 400 ribu traveler sudah bisa menyebernag ke Serui.

Perjalan lewat laut lumayan lama loh, traveler terombang-ambing sekitar 6 jam dilaut untuk sampai ke Serui. Tapi tenang, selama perjalanan traveler akan melewati keindahan setiap pulau yang membentuk kepulauan Yapen.

Nah jika traveler ingin suasana yang sedikit private dikapal. Traveler bisa menambah Rp 100 ribu untuk meyewa kamar VIP. Worth it banget kalau traveler pergi Bersama keluarga.

Sesampainya di Serui, traveler bisa mencari penginapan disekitar atau bisa langsung melakukan perjalanan lewat darat hanya 20 menit. Di Serui sudah ada banyak penyewaan motor, mobil ataupun traveler bisa menaiki angkutan umum.

Tiket masuk ke wisata ekonomi bahari Teluk Sarawandori murah banget kok. Hanya Rp 20 ribu per orang traveler sudah bisa menikmati semua wisata yang ada. Mulai dari teluk, pantai dan Air Terjun Mantembu.

Suasana di Air Terjun Mantembu

Suasana di Air Terjun Mantembu
Sumber Gambar : Yapenserui.wordpress.com

Hijaunya pepohonan dan kesejukan alam akan menyambut traveler. Apalagi jika traveler berangkat dipagi hari tentunya akan menambah ketenangan selama perjalanan menuju titik lokasi. Jika traveler ingin menjelajahi teluk sebelum ke lokasi Air Terjun. Traveler bisa menyewa kapal Jukung, kapal khas banjar ini hanya Rp 60 ribu per 45 menit.

Sesampainya di lokasi Air Terjun Mantembu. Suasana sejuk dan menyegarkan terpancarkan dari kejauhan. Airnya yang tenang tentunya akan menenangkan traveler ketika datang ke Air Terjun Mantembu. Gemuruh air menjadi lantunan musik indah yang dibuat oleh alam.

Traveler bisa mandi dan merasakan langsung kesegaran dari dinginnya Air Terjun Mantembu. Jika traveler tidak ingin basah-basahan, mengabadikan momen dengan berfoto ria dipinggiran air terjun tentunya tepat sekali.

Kali di Air Terjun Mantembu
Sumber Gambar : Insagra, @Backpacker_Papua

Selain itu traveler bisa sedikit turun kebawah dari air terjun jika tidak ingin merasakan derasnya air terjun. Aliran air terjun yang bersih dan segar menjadi sedikit lebih tenang jika dibawah. Momen mandi traveler tentunya akan benar-benar menenagkan disini.

Jangan lupa juga membawa bekal dari rumah, capeknya mandi akan terbayar dengan menyantap makanan hangat bersama keluarga, sahabat dan pasangan. Jadi tidak sabar untuk mengunjungi Air Terjun Mantembu? Buruan masukan dilist destinasi wisata traveler selanjutnya.

Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi wisata terbaik di Indonesia.