OUR NETWORK

Memacu Adrenalin di Wisata Arum Jeram Way Umpu

Sumber Gambar: Instagram @waykanankece

Objek wisata Arum Jeram Way Umpu yang berada di bantaran sungai Way Umpu yang terletak dibagian Hulu Kampung Karang Lantang, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan diyakini penduduk sekitar akan menjadi potensi wisata unggulan. Dengan nuansa alam yang masih sangat alami dan asri akan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan memikat hati. Lokasi arum jeram ini sangat strategis dan mudah untuk ditemukan.

Arum Jeram Way Umpu Jadi Favorit Di Kala Liburan

Sumber Gambar: saibumi.com

Sepanjang perjalanan menuju lokasi arum jeram anda dapat menikmati pemandangan desa dengan area persawahan dan perkebunan khas daerah Lampung. Jalanan yang sudah lumayan halus namun masih ada beberapa bagian yang bergelombang membuat anda seperti sedang melakukan perjalanan sebagai seorang petualang. Karena lokasi sangat strategis anda bisa menggunakan sepeda roda dua atau roda empat jika anda datang bersama keluarga. Bahkan anda bisa menggunakan bus untuk menuju ke tempat ini.

Ketika sudah mendekati lokasi arum jeram anda akan mendengar deburan arus sungai yang akan membuat adrenalin semakin terpacu dan mengobarkan semangat petualang yang semakin menantang. Setelah sampai di lokasi tujuan anda akan disambut oleh warga setempat karena Arum Jeram Way Umpu memang dikelola oleh warga setempat. Hal ini bisa dilihat dari masih sangat minimnya fasilitas yg disediakan. Namun anda tidak perlu khawatir karena disana sudah terdapat pemandu yang telah berpengalaman dan terlatih untuk menemani anda bermain arum jeram dengan aman.

Aktivitas Beragam Untuk Anda dan Keluarga

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Arum Jeram Way Umpu tidak hanya menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang menyukai kegiaan rafting saja. Tempat ini sangat cocok untuk digunakan sebagai wisata keluarga atau bahkan wisata untuk berlibur bagi teman-teman sekantor dan sekolah. Berbagai aktivitas bisa anda dapatkan disini. Seperti mini games, mini outbound, dan kegiatan lain yang bisa dilakukan secara bersama-sama.

Anda juga bisa melakukan piknik di pinggir sungai dengan keluarga anda sembari menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami tanpa adanya campur tangan tekhnologi. Disekitar sungai juga terdapat warung-warung yang menyediakan makanan ringan sampai makanan berat yang dapat mengisi perut anda. Untuk dapat menikmati pemandangan sungai Way Umpu anda hanya perlu membayar seikhlasnya untuk biaya kebersihan.

Sumber Gambar: waykanankab.go.id

Jika arus sungai sedang deras-derasnya, tidak disarankan bagi anda yang belum memiliki keahlian atau pengalaman untuk mengikuti kegiatan arum jeram. Karena dikhawatirkan anda akan panik dan tenggelam karena derasnya aliran sungai. Meskipun sudah memiliki pemandu yang profesional dan terlatih namun pengelola menyatakan bahwa mereka ingin meminimalisir terjadinya resiko. Mereka tidak ingin ada pengunjung yang sampai terbawa arus dan tenggelam karena akan mengakibatkan kerugian bagi semua pihak. Selain itu ditakutkan objek wisata akan sepi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dukungan Dari Pemerintah Setempat

Upaya yang dilakukan oleh warga setempat dalam pembangunan objek wisata Sungai Way Umpu ini tidak lepas dari campur tangan Pemerintah setempat. Pemerintah turut mendukung dan berupaya membantu khususnya dalam bidang infrastruktur dan sumber saya manusia. Pada akhir tahun 2019 bulan Desember, Wakil Bupati Way Kanan membuka pelatihan pemandu wisata arum jeram dan jelajah alam. Kegiatan ini diharapkan akan membantu potensi wisata yang ada dan membantu perekonimianwarga setempat.

Dengan adanya objek wisata Arum Jeram Way Umpu yang tergolong masih sangat baru ini diharapkan agar warga setempat lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan gotong royong membersihkan sungai masih sering terlihat, hal ini merupakan bukti bahwa warga setempat sangat antusias dengan potensi wisata yang ada di kampungnya. Dan mereka sangat  berharap dengan dibukanya Sungai Way Umpu sebagai objek wisata akan memberikan pemasukan untuk lebih memajukan Kampung mereka sebagai Desa Wisata unggulan di Lampung.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…