in

Serba Serbi Dam Jernih di Sarolangun

Sumber Gambar: Google Maps @Kak Ita

Jalan- jalan ke Jambi enaknya melakukan apa ya? Wisata kuliner atau wisata sejarah? Atau bagaimana dengan wisata alam? Di Jambi banyak sekali tempat untuk berwisata alam yang pastinya tidak kalah dengan tempat- tempat wisata alam di tempat lainnya, salah satunya adalah Dam Jernih di desa jernih kecamatan air hitam dan ini alasannya.

Cermin

Sumber Gambar: Google Maps @Maulana Farid

Cermin- cermin di dinding siapakah yang paling cantik di dunia in- eh? Ehem maaf, soalnya melihat permukaan Dam Jernih yang sebening cermin ini jadi tanpa sadar ingin mengucapkan kata- kata itu. Jadi seperti yang sudah penulis katakan saat kalian melihat permukaan air kalian akan dengan mudah melihat ke dalam dasar air dari dam. Saat melakukannya kalian mungkin akan merasa tersihir dengan keindahan dari cahaya matahari yang yang terpantul dan masuk menyinari dasar dam, melihat dengan mudahnya ikan – ikan bermain di bawah dam dan berbagai batuan serta pasir yang melengkapi panggung pesona yang disebut dengan Dam Jernih.

Tidak pernah mengering

Sumber Gambar: Google Maps @Kak Ita

Menurut masyarakat sekitar Dam Jernih tidak pernah mengering atau mengalami penyusutan ketinggian air bahkan pada saat di musim kemarau sekalipun. Ada yang bercerita kalau hal ini ada hubungannya dengan 7 mata air yang dikatakan sebagai sumber air dari Dam Jernih. Yang menarik adalah menurut masyarakat sekitar mata air tersebut dikatakan terus dijaga oleh sesosok putri dari Nyi Roro Kidul sehingga mata air tersbut tidak pernah akan surut selama putri tersebut terus menjaga mata air.

Terlupakan oleh waktu

Sumber Gambar: Google Maps @ELWAMENDRI NONG

Menurut cerita penduduk, Dam Jernih mulai dibangun pada tahun 1972 dan memakan waktu kurang lebih tiga tahun proses pembangunan yang kemudian diresmikan oleh pemerintah provinsi Jambi pada tahun 1975, sayangnya setelah peresmian tersebut Dam Jernih seperti menghilang dari radar dan terlupakan karena dam tersebut tidak pernah mendapatkan pengembangan apapun. Jujur saat mendengar ini penulis merasa sedih, mengingat banyaknya potensi tempat ini.

Kebangkitan Dam Jernih

Sumber Gambar: Google Maps @Cinta Anindya

Untungnya Dam Jernih mulai dibangkitkan kembali sekitar tahun 2017 misalnya, ada kegiatan gotong royong untuk melakukan pembersihan Dam Jernih yang dilakukan oleh camat air hitam dibantu oleh para warga sekitar. Saat itu saja dikatakan mereka dapat membersihkan 80 hingga 100 meter dari saluran air dam air jernih selain itu mereka juga melakukan pembersihan untuk semak belukar yang sudah tumbuh liar dan subur di sepanjang saluran air dan sekitar tempat Dam Jernih. Jadi saat kalian datang berkunjung ke sini dimohon jangan merusak dan mengotori lingkungan ya, mari kita jaga dan lestarikan keindahan tempat wisata di indonesia bersama- sama, karena kalau bukan kita siapa lagi?

Kasiat Air Dam Jernih

Diatas penulis menceritakan kalau menurut legenda, sumber mata air Dam Jernih dilindungi oleh putri dari Nyi Roro Kidul kan? Nah disini penulis akan menceritakan mengenai kasiat dari air Dam Jernih. Jadi menurut kepercayaan penduduk sekitar, jika kita mandi dengan air Dam Jernih maka dipercaya kita akan awet muda, tapi untuk mendapatkan kasiat ini ada hal yang perlu kita lakukan terlebih dahulu jadi tidak hanya langsung mandi terus langsung awet muda. Bagi yang langsung merasa takut saat mendengar kalau kita harus melakukan ritual jangan langsung membayangkan ritual ala film horor, jangan khawatir. Karena yang kita harus lakukan hanyalah mandi 3 kali dengan air Dam Jernih dan setelah itu kita akan meminum air Dam Jernih dengan menggunakan tangan yang disertai dengan bacaan shalawat nabi. Tentu percaya atau tidak dengan ini penulis kembalikan pada masing – masing individu, entah hanya coba – coba untuk iseng atau bagi yang serius percaya yang paling penting adalah kita bisa menikmati Dam Jernih.

Sepertinya cukup sekian penulis mengenalkan Dam Jernih. Untuk mengenal lebih lanjut dam ini penulis sarankan kalian untuk mengunjungi dan menikmati Dam Jernih secara langsung. Bisa jadi disana kalian akan dapat menikmati petualangan kalian sendiri di Dam Jernih.