in

Wajib Cobain 6 Tempat Ini Jika ke Langgur

Sumber Gambar: Google Maps @Guss Poer

Tidak heran jika traveler tidak sering mendengar nama daerah Langgur. Karena daerah ini merupakan salah satu daerah yang ada di timur Indonesia. Seperti yang kita ketahui, kalau daerah timur di Indonesia masih cukup sulit dijangkau.

Namun traveler wajib mencoba berwisata ke daerah Langgur. Daerah ini merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara. Pada tahun 2011 lalu, Langgur mengantikan Tual sebagai pusat pemerintahan.

Banyak tersimpan catatan sejarah yang ada di daerah ini. Mulai dari kapal adat khas Kepulauan Kei, kekayaan alamnya pun sangat memikat. Tidak heran jika di zaman dahulu, VOC sempat singgah ketempat ini untuk mengambil kekayaan alam yang ada disana.

Nah saat ini, Langgur ternyata menyimpan begitu banyak keindahan alam yang bisa dijadikan destinasi wisata traveler. Wisato.id sudah merangkum beberapa tempat yang wajib traveler coba jika mengunjungi Langgur. Baca selengkapnya.

Cara ke Langgur

Untuk sampai ke Langgur sangat mudah loh. Karena sudah ada beberapa maskapai yang membuka jalur penerbangan langsung menuju Langgur. Bahkan jika traveler berangkat dari jakarta sekalipun.

Ongkos menuju Langgur juga cukup mudah. Hanya merogoh kocek sekitar Rp 2,8 juta traveler sudah bisa duduk manis diatas pesawat sampai tiba ke pusat pemerintahan kabupaten Maluku Tenggara ini. Perjalanan ke Langgur juga terbilang cukup singkat.

Dari Jakarta menuju Langgur, biasanya traveler akan melakukan transit terlebih dahulu di bandar udara hasanudin di Makasar. Setelah itu baru traveler melanjutkan perjalanan menuju Ambon lalu langsung melaju ke Langgur.

Total lamanya perjalanan ditambah dengan transit pun tidak terlalu lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 12 jam dengan 2x transit. Bukan waktu yang lama jika traveler sudah melihat keindahan alam yang ada disana.

Apa saja tempat wisata yang wajib traveler coba disana?

Kepulauan Kei

Tentunya pertama kali traveler harus mencoba tempat yang dinobatkan menjadi wisata terbaik di Indonesia. Kepulauan Kei, pulau yang memiliki pasir nan putih serta pemandangan yang begitu memukau ini sangat cocok untuk traveler jadikan sarana liburan.

Sumber Gambar: Google Maps @sayf bsy

Di kepulauan Kei ini juga terdapat dua pantai dengan pasirnya yang begitu halus. Pantai Ohoiderwatun dan Pantai Ngurtafur. Dari pantai ini traveler akan melihat begitu banyak keindahan alam. Bahkan traveler bisa melihat lucu nya burung khas Australia, burung pelican yang sedang berburu di pantai ini.

Gua Hawang

Hawang berartikan setan. Tidak seseram namanya, Gua ini memiliki keindahan yang begitu memukai. Airnya sangatlah biru dan juga terdapat bebatuan yang menghiasi gua ini. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Langgur, hanya sekitar 15km.

Sumber Gambar: Google Maps @Ronald Tambunan

Di dalam gua ini traveler bisa mencoba kesegaran air dengan bermandi ria. Karena terdapat sebuah kolam air tawar dengan hiasan batu stalaktit dan stalaknit di dalam gua. Dipercaya juga air di dalam Gua Hawang memiliki hasiat loh. Seperti awet muda hingga mempermudah mendapatkan keturunan.

Pantai Ngur Mun Vathawan

Pantai Ngur mun Vathawan
Sumber Gambar : Seringjalan.com

Pantai ini tidak terlalu jauh dari Langgur. Hanya berjarak sekitar 60 km, atau jika menaiki kendaran hanya butuh waktu sekitar 30 – 60 menit saja. Pasir putih sejauh 3 k makan menyambut traveler sesampainya di pantai Ngur Mun Vatawan.

Selain itu airnya yang biru dan gelombang air yang cukup tenang sangat cocok dinikmati bersantai ataupun berenang dipinggiran pantainya. Traveler juga bisa melihat keindahan bawah laut di pantai ini, karena pantai ini merupakan area penyeberan penyu dan tabob.

Menunggu datangnya Sunset sangat cocok jika bermain ke Pantai Ngur Mun Vathawan

Pulau Kapal

Pulau Kapal di Langgur
Sumber Gambar : Pesona Indonesia

Jika traveler tidak puas snorkeling di Pantai Ngur Mun Vathawan. Traveler wajib mencoba diving di Pulau Kapal. Biota laut yang ada disekitar Pulau Kapal begitu menakjubkan. Selain itu jaraknya juga hanya sekitar 7 km dari pusat kota.

Seperti namanya, Pulau ini berbentuk sepperti sebuah kapal. Menurut cerita masyarakat, pulau ini dahulunya adalah sebuah kapal yang dipakai berlayar oleh leluhur mereka. Menurut cerita, leluhur mereka mencoba berlayar dari Bali namun karam dan kemudian kapal tadi berubah menjadi Batu.

Wah seru ya, berwisata sekaligus belajar di Pulau Kapal ini.

Bukit Musbait

Setelah puas bersenang-senang di dataran rendah Langgur. Tempat yang wajib traveler kunjungi selanjutnya adalah Bukit Musbait. Bukit ini merupakan tempat tertinggi yang ada disana. Tenang walaupun ini merupakan tempat tertinggi, jaraknya hanya sekitar 10 km loh.

Sumber Gambar: Google Maps @Franciscus Tannos

Jadi hanya sekitar 15 – 30 menit perjalanan yang traveler butuhkan untuk sampai ke lokasi bukit Musbait. Wisata alam di Bukit Musbait sudah banyak dikenal oleh orang-orang. Pepohonan dan pemandangan alami alam yang ada di bukit benar-benar membuat semua mata yang melihat akan terpesona.

Selain itu, bukit ini juga merupakan tempat wisata religi umat Katolik loh. Karena dibukit ini terdapat beberapa Arca. Arca tersebut yaitu Kristus Raja Tengah. Arca ini menyimbolkan perlindungan dan berkat untuk setiap umat yang ada di pulau.

Desa Budaya Tanimbar Kei

Tempat terakhir yang wajib traveler kungjungi adalah Desa Budaya Tanimbar Kei. Mengajak keluarga wisata sejarah tentunya akan menambah pengalaman hidup yang tidak terlupakan. Di desa budaya ini menyimpan begitu banyak keindahan.

Sumber Hambar: arsitekturhijau.com

Mulai dari arsitektur yang unik, seni yang memukai, adat yang begitu sakral dan keunikan-keunikan lainnya. Letaknya pun tidak terlalu jauh. Traveler hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk bisa sampai ke Desa Budaya Tanimbar Kei.

Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi terkini seputar wisaya di Indonesia.