OUR NETWORK

Air Terjun Gunung Palang, Keindahan Dibalik Hutan Belantara Aceh

Apa yang ada dipikiranmu saat pertama kali mendengar kata Aceh? Saya yakin, salah satu hal yang ada dibenakmu tentang Aceh adalah bencana dahsyat gelombang tsunami yang terjadi pada tahun 2004 yang lalu. Memang benar demikian, namun tahukah kamu bahwa Aceh juga menyimpan banyak keindahan alam yang menawan? Seakan itu lah cara Tuhan mengembalikan senyum warga di provinsi yang dijuluki ‘Serambi Mekkah’ tersebut.

Sumber: Instagram @lovepidiejaya

Selain pantai, Aceh juga memiliki banyak air terjun dengan keindahan yang cukup menawan. Hanya saja mayoritas air terjun di Aceh tersembunyi dibalik lebatnya hutan belantara, sehingga tak banyak wisatawan yang mengetahuinya. Salah satunya adalah Air Terjun Gunung Palang, pemandangan alam yang masih perawan yang terletak di balik hutan belantara Pidie Jaya.

Lokasi Air Terjun Gunung Palang

Sumber: Zulfan Helmi

Untuk lokasinya sendiri, Air Terjun Gunung Palang terletak di Gunung Palang, desa Abah Lueng, kecamatan Bandar Baru, kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Namun pemandangan eksotis yang dimiliki oleh Air Terjun Gunung Palang tak seindah akses menuju ke sana.

Karena untuk bisa mencapai kepingan surga tertinggal yang bernama Air Terjun Gunung Palang, para pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam melalui Gunung Palang. Lamanya perjalanan juga tergantung dari stamina para pengunjung dan tentunya rute yang ditempuh.

Apabila sama sekali belum pernah berkunjung ke Air Terjun Gunung Palang, ada baiknya kamu menyewa pemandu dari penduduk lokal. Karena memang untuk mencapai lokasi air terjun, kamu harus berjalan menembus lebatnya hutan rimba dengan rute yang tak mudah.

Sumber: Zulfan Helmi

Tak hanya itu, dalam perjalanan para pengunjung juga akan melewati enam sungai, dengan kedalaman rata-rata sekitar 1 meter. Meskipun tak terlalu dalam, namun para pengunjung harus tetap berhati-hati, karena kondisi bebatuan sungai yang berlumut menjadikannya cukup licin.

Dalam perjalanan kamu juga bisa bertemu dengan hewan-hewan liar penghuni hutan. Kicauan burung-burung yang saling bersahutan bisa menemanimu selama di perjalanan, dan sesekali bisa menjadi pelepas rasa lelah.

Pesona dan Fasilitas Air Terjun Gunung Palang

Sumber: Zulfan Helmi

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, kamu akan dihadapkan dengan alam indah buatan Tuhan bernama Air Terjun Gunung Palang. Sebuah air terjun setinggi 50 meter yang di mana aliran airnya jatuh dengan begitu indahnya, menciptakan suara yang mampu memecahkan keheningan suasana di balik hutan belantara. Tebing-tebing yang menjulang tinggi seakan menjadi tembok raksasa, menjadi batas antara surga.

Air segar dan udara yang sejuk sering menjadi godaan terbesar bagi para pengunjung untuk segera mandi atau bermain air di sekitar air terjun. Deretan pepohonan dan perbukitan hijau juga bisa membuatmu betah untuk berlama-lama di sana menikmati keindahan dari Air Terjun Gunung Palang.

Namun sayang, fasilitas di Air Terjun Gunung Palang begitu kontras dengan keindahan alam yang disuguhkannya. Karena lokasi wisata ini belum dikelola secara maksimal, kamu pun tak akan menjumpai fasilitas umum seperti halnya toilet dan mushalla. Di sana juga tak ada warung, sehingga kamu harus menyiapkan semua perbekalan sebelum berangkat.

Untuk parkir kendaraan, para pengunjung bisa menitipkannya di halaman rumah warga di desa Abah Lueng. Jika ingin beribadah, para pengunjung juga bisa memanfaatkan mushalla yang ada di desa tersebut.

Aktivitas di Air Terjun Gunung Palang

Sumber: Zulfan Helmi

Dengan kesegaran air dan kesejukan udara yang ditawarkan, kamu pasti akan tergoda untuk mandi atau sekedar bermain air di bawah guyuran air terjun. Rasakan sensasi terapi saat guyuran air terjun jatuh mengenai badanmu.

Jika tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa hunting foto di sekitar lokasi Air Terjun Gunung Palang. Dijamin, kamu akan menemukan banyak landscape yang Instagramable di sana. Namun kamu juga harus pintar-pintar mengatur daya baterai dari kamera atau ponselmu, karena memang di sana tidak ada aliran listrik.

Bagi kamu yang ingin bermalam, kamu juga bisa mendirikan tenda di sekitar lokasi. Ajaklah keluarga atau teman terdekat untuk berkemah di sekitar lokasi, menikmati dinginnya malam dan suara guyuran air terjun sembari bercengkrama dengan mereka. Momen itu pun akan menciptakan suana syahdu yang tak mungkin kamu lupakan sepanjang hidup.

Tiket Masuk Air Terjun Gunung Palang

Karena lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan dan jauh terpencil, kamu pun tak perlu membayar tiket masuk. Hal yang cukup masuk akal, karena memang tempat ini belum dikelola secara maksimal dan tak ada fasilitas yang memadai di sana.

Comments

Loading...