in

Puncak Bukit Galau, Destinasi Wisata Baru di Sumatera Utara

Sumber: Instagram@bg_samo

Sumatera Utara bisa disebut sebagai salah satu provinsi terindah di Indonesia. Karena memang provinsi yang berbatasan langsung dengan Aceh ini dianugrahi banyak bentang alam yang cukup menawan, mulai dari pantai, gunung, danau, air terjun, hingga bukit. Oleh sebab itu, berkunjung ke Sumatera Utara tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba untuk mengeksplorasi keindahan alamnya.

Bicara soal keindahan alam di Sumatera Utara pasti tidak akan lepas dari yang namanya Danau Toba. Karena memang Danau Toba disebut-sebut sebagai danau terindah di Sumatera Utara dengan hiasan Pulau Samosir yang berdiri dengan kokoh tepat di tengah-tengahnya. Akan tetapi keindahan Sumatera Utara tidak hanya tentang Danau Toba yang memang sudah terkenal hingga ke berbagai penjuru negeri, karena masih banyak destinasi wisata baru yang di mana keindahannya tak kalah. Salah satu destinasi wisata baru yang ada di Sumatera Utara adalah Puncak Bukit Galau.

Namun jangan salah sangka dulu, berada di Puncak Bukit Galau bukan berarti akan membuatmu muram atau pun bersediah hati, namun justru akan membuatmu merasa bahagia bisa menikmati pemandangan alam dan tinggal di negara seindah Indonesia.

Lokasi Puncak Bukit Galau

Sumber: Instagram@bg_samo

Menurut informasi yang didapatkan Puncak Bukit Galau berada di Desa Mekar Marjanji, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Bagi para pengunjung yang datang dari ibu kota kabupaten Asahan, Kota Kisaran, mereka harus menempuh perjalanan darat sejauh 72 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 50 menit menuju ke arah selatan, melewati Jalan Lintas Sumatera dan Jalan Sigura-Gura. Letak Puncak Bukit Galau sendiri berada di sebelah utara dari Danau Toba, dengan jarak sekitar 62 km. Lokasi Puncak Bukit Galau juga berada persis di tepi Sungai Asahan yang memiliki keindahan memukau.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun para pengunjung dipastikan tidak akan bosan selama di perjalanan karena akan melewati perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Namun sayangnya akses menuju ke Puncak Bukit Galau masih belum memadai, sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan roda empat. Sesampainya di lokasi parkir kendaraan, para pengunjung masih harus melakukan perjalanan mendaki bukit demi bisa sampai di lokasi.

Pesona Puncak Bukit Galau

Sumber: Instagram@andre_areplemu

Meskipun harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan dan menyita waktu, namun para pengunjung dipastikan tidak akan kecewa begitu sampai di Puncak Bukit Galau. Karena di sana mereka akan langsung disuguhi oleh pemandangan alam yang sangat menawan, hamparan pepohonan hijau berpadu dengan tebing yang indah dan cantiknya Sungai Asahan dipastikan akan langsung menghipnotis pandanganmu.

Udara segar dan hembusan angin yang dingin seakan menjadi pelengkap yang bisa membuatmu betah untuk berlama-lama di sana. Pemandangan dari Puncak Bukit Galau akan semakin indah di kala matahari terbit dan juga tenggelam. Oleh sebab itu tempat ini biasanya akan semakin ramai dikunjungi oleh para remaja di kala sore hari demi melihat pemandangan sunset yang menawan, yang menjadi batas waktu antara terang dan gelap.

Aktivitas di Puncak Bukit Galau

Sumber: Instagram@andhikadeadyy

Tidak banyak yang bisa kamu lakukan di Puncak Bukit Galau, layaknya bukit-bukit yang lainnya. Namun selain bisa bersantai menikmati indahnya pemandangan, para pengunjung juga diperkenankan untuk mendirikan tenda di Puncak Bukit Galau. Fasilitas itu lah yang kemudian membuat Puncak Bukit Galau sering kali dijadikan sebagai Pendidikan Dasar (Diksar) para mahasiswa dari perguruan tinggai setempat.

Fasilitas di Puncak Bukit Galau

Sumber: Instagram@ridho.prb

Demi menjaga kealamiannya, kamu tidak akan menemukan fasilitas yang memadai di Puncak Bukit Galau. Di sana juga masih belum tersedia toilet atau bahkan warung penjual makanan atau pun minuman. Oleh sebab itu, para pengunjung harus mempersiapkan perbekalan sebelum berangkat menuju ke Puncak Bukit Galau. Bagi mereka yang akan bermalam di Puncak Bukit Galau juga harus mempersiapkan peralatan camping sejak dari bawah atau dari rumah, karena di sana tidak ada persewaan alat-alat untuk camping.

Bagaimana, sudah ada niatan untuk mencoba sensasi berwisata di Puncak Bukit Galau? Jangan sampai dalam seumur hidupmu tak pernah berkunjung ke Puncak Bukit Galau. Oh ya, yang perlu diingat adalah selalu jaga kebersihan tempat wisata alam dan buang sampahmu pada tempatnya.