in

Bersama Kecantikan Dewi Tinalah Yang Berbudaya Di Kulon Progo

Sumber Gambar: Google Maps @Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah - Wisata Jogja)

Dewi  Tinalah merupakan singkatan dari Desa Wisata Tinalah. Desa ini berada di kawasan Pegunungan Menoreh. Tepatnya di  Jl. Persandian Km 5, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55673.

Kabupaten Kulon Progo terletak di bagian barat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten  ini merupakan salah satu kabupaten dari lima kabupaten yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara Purwoharjo adalah salah satu kalurahan yang terkenal dengan Dewi Tinalahnya. Paket wisata dengan panorama alam dan budaya. Dewi Tinalah juga dijadikan sebagai salah satu tempat studi banding untuk desa-desa wisata yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Paket wisata yang ditawarkan oleh Dewi Tinalah sangat banyak. Mulai dari paket homestay, camping, live in, gathering, outbond,  makrab, river tubing, jelajah alam, Situs Rumah Sandi Negara, Wisata Alam Puncak Kleco, wisata sejarah,Goa Sriti, susur Sungai Tinalah, kuliner, wedang rempah, workshop, oleh oleh produk desa (UMKM) Wingko Tinalah, Geblek, Klanting, keripik pegagan dan aneka keripik. Dewi Tinalah juga merupakan salah satu tempat studi banding desa wisata di Yogyakarta.

Baiklah, mari kita ulas beberapa paket wisata dari Dewi Tinalah ini!.

Wisata Alam Puncak Kleco

Sahabat wisato yang sangat gemar dengan panorama alam dan ingin back to nature harus memasukkan Puncak Kleco sebagai kunjungan wajib kalian. Wisata ini menawarkan view pegunungan yang hijau, persawahan, sungai bahkan pantai juga. Kalian langsung saja ke Duwet, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673.

Sumber Gambar: Google Maps @Rema Yuni

Kabar yang sangat baiknya, puncak ini dibuka selama 24 jam dan setiap hari. Suasana yang nyaman dengan kesegaran udara ditambah keramahan warga sekitar mampu membuat pikiran kita seketika menjadi segar kembali. Untuk ke tempat ini kalian bisa mempersingkat waktu dengan mengendarai kendaraan roda dua, seperti sepeda dan motor. Untuk mobil tidak disarankan, mengingat kondisi jalan yang tidak bersahabat dengan kendaraan roda empat.

Susur Sungai Tinalah

Sumber Gambar: Google Maps @Exa Davarda

Susur sungai merupakan kegiatan berjalan mengikuti arus sungai. Karena disini menawarkan susur Sungai Tinalah. Maka kita akan berjalan mengikuti arus Sungai Tinalah. Sungainya masih sangat Jernih dan berbatu. Khas sekali dengan nuansa pedesaan yang asri. Untuk Susur Sungai kalian bisa ke Jl. Persandian Km 5, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55673.

Situs Rumah Sandi Negara

Untuk sahabat wisato yang sangat gemar dengan sejarah. Kalian bisa ke Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673. Dalam rangka mengunjungi tempat nongkrong yang asik dan beredukasi yaitu “ Situs Rumah Sandi Negara”.

Sumber Gambar: Google Maps @syifa dwi

Disini tersedia makanan khas desa dengan pemandangan yang sangat asri dan udara yang sejuk. Juga tersedia wifi, toilet dan belajar sejarah. Rumah Sandi Negara ini adalah markas darurat pejuang persandian pada masa agresi militer belanda 2 tahun 1948. Jadi kalian bisa tahu bagaimana sejarah persandian bangsa Indonesia yang sangat kita cintai ini. Yang terbaik dari situs ini adalah gratis biaya masuk.

Oleh-Oleh Khas Dewi Tinalah

Terdapat banyak sekali produk desa (UMKM) yang dapat kita nikmati sekaligus dijadikan buah tangan. Produk-produk tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Keripik Pegagan

Sumber Gambar: Google Maps @Tribun Jogja

Pegagan adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di Indonesia, termasuk juga di Dewi Tinalah. Setelah dilakukan banyak penelitian pegagan yang bernama latin Centella asiatica memiliki segudang manfaat. Hal ini pun dimanfaatkan oleh warga sekitar Desa Tinalah. Dimana pegagan yang tumbuh liar dan banyak diolah menjadi keripik pegagan khas Desa Tinalah. Selamat kepada warga Desa Tinalah atas kreatifitas luar biasa ini!.

Geblek

Sumber Gambar: Google Maps @Tri Harjono

Geblek adalah makanan khas Kulon Progo yang terbuat dari tepung kanji, garam dan bawang. Kudapan tradisional ini mengalami kemajuan yaitu penyajian dengan aneka rasa. Salah satu warung geblek yang bisa kalian kunjungi adalah Omah Geblek. Omah Geblek berlokasi di Kenteng, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55671.

Lanting/Klanting

Sumber Gambar: Google Maps @didik Ikhsanudin

Lanting atau Klanting merupakan cemilan tradisional Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang garing mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Sehingga pas sekali jika sahabat wisato menjadikannya sebagai buah tangan dari Kulon Progo. Salah satu produsen lanting ada di Semawung, Banjarharjo, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672.

Masih bingung setelah ke Dewi Tinalah mau kemana lagi?. Tenang, kalian bisa mengunjungi Dewi Apar!.