in

Sedapnya Nasi Goreng Arang Pak Temon Kediri

Sumber Gambar: Instagram @ amandaakohar

Kota Kediri merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Timur, yang memiliki tempat kuliner tradisional yang khas, salah satunya adalah Nasi Goreng Arang Pak Temon.

Saat ini cara memasak orang-orang sudah mulai beralih menggunakan gas karena tidak perlu repot dan prosesnya pun cepat. Namun di Kota Kediri ini kita bisa menjumpai beberapa pedagang nasi goreng yang memasaknya masih menggunakan anglo dan arang. Anglo sendiri adalah sejenis tungku yang terbuat dari tanah liat. Anglo menggunakan bahan bakar berupa arang agar bisa digunakan untuk proses memasak. Saat ini proses memasak tradisional seperti ini sudah jarang digunakan masyarakat. Namun, di warung Nasi Goreng Arang Pak Temon proses memasak tradisional seperti ini tetap dipertahankan.

Sejarah Nasi Goreng

Nasi Goreng Arang Pak Temon
Sumber Gambar : Bobo – Grid.ID

Siapa yang tak kenal dengan nasi goreng? Salah satu makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia ini memang begitu populer oleh masyarakat Indonesia. Tahukah kalian, bahwa menurut sejarah asal usul nasi goreng ini sendiri berasal dari Cina. 

Di negeri Cina ini sendiri nasi goreng ini biasanya dikonsumsi oleh para petani dan masyarakat miskin. Nasi goreng ini dibuat awalnya karena banyaknya nasi sisa  dan nasi tersebut dingin. Sehingga nasi sisa tersebut tidak dibuang melainkan diberi sedikit minyak dan diberi campuran sayur.  Alhasil nasi sisa tersebut dapat disantap menjadi olahan makanan yang lezat. Nasi goreng tersebut dibuat dalam porsi yang banyak sehingga bisa dapat disantap bersama. 

Nasi goreng ini dibawa oleh perantau ke Indonesia. Dengan cara olahan nasi yang sama, nasi goreng ini hadir dengan bumbu dan racikan yang menyesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Pada saat ini di Indonesia banyak aneka ragam jenis nasi goreng mulai dari nasi goreng seafood, nasi goreng kampung dan lain-lain.

Nasi Goreng Arang Pak Temon Kediri

Sumber Gambar: Google Maps @Rurun Wahyudi

Nasi goreng ini terbilang cukup legendaris di Kota Kediri, karena keberadaannya sudah cukup lama di kota ini kira-kira sejak tahun 1990 an. Di samping itu juga proses memasak dari warung nasi goreng ini juga masih bersifat tradisional yaitu dengan menggunakan anglo dan arang.

Karena proses memasaknya masih menggunakan arang sehingga aroma dari nasi goreng tersebut menjadi lebih wangi dengan aroma khas nasi goreng tradisional. Nasi goreng di tempat ini dimasak dengan irisan ayam, kol dan telur. Di kota Kediri sendiri banyak warga dari kota ini sudah mengenal nasi goreng arang ini.

Tempat berjualan nasi goreng ini berupa kios. Nasi goreng ini berada di Jalan Singosari No.8 Dandangan Kec. Kota Kediri Kediri Jawa Timur. Warung makan ini dibuka setiap hari mulai pukul 18.00 wib.

Pilihan Menu di Nasi Goreng Pak Temon Kediri

Sumber Gambar: Instagram @amandaakohar

Di warung Nasi Goreng Pak Temon Kediri ini selain menu nasi goreng, warung ini menyediakan aneka menu lainnya. Menu lainnya adalah Nasi goreng mawut  (nasi goreng campur mie), mie goreng nyemek (mie goreng basah), mie kuah, krengsengan dan sop ayam.

Semua masakan di warung ini dimasak dengan menggunakan arang. Sehingga semua masakan di sini memiliki aroma khas yang menggugah selera. Adapun harga yang ditawarkan di warung ini cukup variatif mulai dari Rp 17 ribu hingga Rp 45 ribu.

Ada satu hal unik jika kita makan di warung ini, sebaiknya sebelum makan ditanya terlebih dahulu harganya. Di tempat ini tidak tersedia daftar menu, sehingga kita bisa makan di tempat ini sesuai dengan budget kita.

Hal yang Membuat Pengunjung Kangen di Tempat ini

Sumber Gambar: Instagram @afterworking

Banyak langganan di tempat ini baik dari kota Kediri sendiri maupun dari luar Kota Kediri. Menurut para pengunjung, aroma nasi goreng di tempat ini begitu khas karena proses memasak yang digunakan dengan menggunakan anglo dan arang. Hal ini yang membuat aroma nasi goreng di tempat ini berbeda dengan di tempat lain.

Di warung Nasi Goreng Arang Pak Temon ini apabila pengunjung membeli sebaiknya dipesan dulu kemudian pengunjung bisa tinggal muter-muter dulu untuk melihat daerah sekitar. Karena kalau pesanan nasi goreng ditunggu akan lama sekali karena yang mengantri nasi goreng ini banyak dan dimasak satu per satu dengan menggunakan arang.

Selain menikmati suasana kota Kediri di malam hari, ketika berkunjung ke kota ini sepertinya tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir ke warung Nasi Goreng Arang Pak Temon ini. Sehingga kita dapat merasakan aroma khas nasi goreng dan aneka menu di warung ini yang jarang ditemukan di tempat lain.

Selanjutnya setelah menyantap nasi goreng dan aneka menu di tempat ini, para traveller dapat mengunjungi aneka tempat wisata yang menarik di Provinsi Jawa Timur. Tempat wisata tersebut salah satunya wisata alam jatim park 1 malang wisata keluarga terlengkap di jawa timur.