in

Desa Wisata Kole Sawangan Desa Cantik Yang Terletak Di Kaki Gunung

Desa Wisata Kole Sawangan
Sumber Gambar: Googlemaps: @ Around The World

Desa Wisata Kole Sawangan, terletak di kaki Gunung Sad’oko Kabupaten Tanah Toraja. Toraja terkenal akan banyaknya kekayaan, suku dan ragam budayanya yang sangat kaya. Dan kopi toraja kabupaten yang sangat di kunjungi. Untuk menikmati wisata alam dan budayanya.

Desa Wisata Kole Sawangan, adalah satu dari banyaknya tempat yang wajib di kunjungi saat anda berkunjung dan sedang melancong di Kabupaten Tanah Toraja, desa yang terletak di kaki gunung ini. Menawarkan banyak hal yang menarik.

Mulai dari destinasi wisata alam yang indah. Kopi yang nikmat dan beragam upacara adat dari suku ini, yang terus menjaga kelestarian alam. Desa yang terletak di Kabupaten Tanah Toraja, yang didiami oleh suku Toraja ini.

Sumber Gambar: kemenparekraf.go.id

Suku Toraja, nama Toraja merupakan julukan yang digunakan oleh suku Bugis Sindendereng dan lawu untuk menyebut spenduduk yang tinggal di sekitar pegunungan. Yang terus menjaga upacara adatnya secara turun-temurun, dan masih bertahan hingga saat ini.

Satu dari banyaknya, upacara adat yang masih di jalankan dan di praktekan hingga saat ini adalah. Upacara kematiannya yang terkenal, yaitu Rambu Solok.

Posisinya yang berada di ketinggian 1.344 MDPL, tentunya membuat tempat ini mempunyai udara dingin dan segar. Posisnya yang dikelilingi pegunungan tentunya memberikan kalian sajian pesona alam yang begitu memukau.

Penasaran bagaimana rupa keindahan alam dan beragam kekayaan budaya di kampung ini ? Baca selengkapnya di Wisato.id.

Cara Ke Desa Wisata Kole Sawangan

Kalian pasti tidak sabar bukan, untuk segera melihat keindahan alam dan upacara adat yang ada di sana bukan? Namun sebelum kita menelisik lebih jauh, ada baiknya kita membahas cara sampai ke lokasi dan berapa perkirakan budget yang kalian harus sediahkan.

Karena wisata tanpa rencana adalah bencana. Yuk kita bahas terlebih dulu akomodasinya. Untuk mempermudahkan kalian yang ada di seluruh ndonesia kita asumsikan jika perjalanan di mulai di Jakarta.

Desa Wisata Kole Sawangan Kecamatan Malimbong Balepe Kabupaten Tana Toraja Terletak di kaki Gunung Sad’ko berada di ketinggian 1.344 mdpl, yang dikelilingi pemandangan hijau berupa pemandangan gunung, lembah dan perbukitan.

Membuat udara disekitar begitu sejuk dan dingin, dengan suhu harian bervariasi sekitar 12 ° C di malam hari dan di pagi hari hingga di siang hari sekitar 28 ° C.

Sumber Gambar: ambae.co.id

Karena letak Kabupaten Tanah Toraja. ini berada di geografis pegunungan paling mudah untuk bisa mencapai kesana melalui perjalanan udara. Penerbangan dari Jakarta tidak ada direct ke Tanah Toraja. Sehingga kalian melakukan perjalanan udara dari Jakarta ke Bandar Udara, Sultan Hasanudin Makasar. Dan dianjutkan transit 1 kali.

Perjalanan yang hanya memakan waktu sekitar 2,5 jam, jadi masih terbilang cepat untuk sebuah perjalanan. Kocek yang kalian keluarkan juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 4 juta untuk sampai ke Tanah Toraja.

Dari Bandar udara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Toraja ditempuh sekitar, 45 menit kemudian dilanjutkan menggunakan roda dua atau roda empat sekitar 33 km atau sekitar 45 menit ke arah barat Toraja.

Berada di jalur jalan Provinsi yang menghubungkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat tepatnya di jalur Passobo – Masuppu. Desa wisata ini memiliki 4 dusun yaitu dusun Tallumanuk, Dusun Supate, Dusun Sawangan dan Dusun Patane.

Yang terkenal Dengan Cluster wisata yang super lengkap seperti Dusun Tallumanuk dengan kerjinan bamboo dan tenun, dusun supate memiliki Kawasan saluliang kuburan batu yang mulai digunakan dari tahun 1215 sampai sekarang.

Dusun Sawangan terkenal akan legenda pa’doran dari Pokko. serta Dusun Patane yang terkenal akan tanaman kopi, Kopi Sado’ko Toraja yang sudah familiar bagi pecinta kopi diseluruh Indonesia.

Bagaimana, semakin yakin untuk melihat keindahan alam dan beragam peninggalan sukun yang terjaga hingga saat ini? Buruan masukan kedalam list perjalanan yang harus kalian kunjungi selanjutnya Bersama sahabat, pasangan dan keluarga.

Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi wisata terbaik yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Yuk Kunjungi Desa Cikakak Kabupaten Banyumas