OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Kepulauan Seram Bagian Timur

Kerajinan Tangan dari Kerang

Sumber: Instagram @youmell_store

Kepulauan Seram bagian timur dikelilingi oleh hamparan lautan. Tidak heran jika banyak kerang yang bisa ditemukan di sana. Kerang-kerang tersebut kerap disulap oleh masyarakat setempat menjadi kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Nah, jika ingin oleh-oleh khas dari Kepulauan Seram bagian timur anda bisa membeli souvenir ini. Jenisnya beragam ada cincin, kalung, bros, gelang, kaligrafi dan lain-lain. Semuanya bagus-bagus. Tenang, harganya terjangkau, kok.

Kerajinan Besi Putih

Sumber: Instagram @Ira_valerie_indra

Nah, kalau yang ini kerajinan tangannya terbuat dari besi putih. Sst …kabarnya besi putih tersebur berasal dari kapal milik penjajah yang sudah tenggelam sejak dulu di laut Maluku, loh.

Kendari demikian besi putih yang terdapat pada kapal tersebut faktanya masih sangat berkualitas dan bagus. Sama halnya seperti kerajinan yang terbuat dari kerang, kerajinan besi putih pun ada yang berwujud kalung, cincin, gelang, bros dan lain-lain. Bahkan sekilas tampilannya mirip sekali dengan emas putih. Wuih, kalau begini pasti saat dipakai semakin membuat percaya diri kian naik.

Nasi Lapola

Sumber: Instagram @mamakeyhouse

Nasi ini terbuat dari beras yang dikolaborasikan dengan parutan kelapa muda dan kacang Tolo. Apa itu Kacang Tolo?

Kacang Tolo ialah sejenis kacang yang mirip dengan kedelai merah.  Proses memasak Nasi Lapola yaitu dengan mencuci beras terlebih dahulu sampai bersih, lalu dimasak dengan api kecil, namun setengah matang saja. Kemudian ditambahkan kacang Tolo yang telah direbus, garam dan kelapa parut secukupnya,

Tekstur nasi ini sangat pulen, perpaduan bumbu didalamnya siap menggoyang lidah anda. Walaupun misalnya sudah dingin, tapi tetap enak dimakan loh. Sama sekali tidak mengurangi kelezatan rasa, sehingga tidak heran sering dijadikan oleh-oleh.

Kohu-Kohu

Instagram @masakanindonesia1

Bisa dibilang Kohu-Kohu adalah urapnya masyarakat Maluku atau Kepulauan Seram bagian timur. Hal ini sebab penampilannya mirip dengan urap Jawa.

Sayur-sayuran yang menjadi dasar pembuatan Kohu-Kohu yaitu tauge, mentimun daun kemangi dan kacang panjang. Semua bahan tersebut kemudian direbus lalu diaduk bersama irisan bawang merah dan putih, perasan jeruk nipis, cabai dan diberi suwiran Ikan Cakalang. Nah, suwiran ikan cakalang inilah yang menjadi pembeda Kohu-Kohu dengan urap Jawa.

Roti Kering Kenari

Instagram @Yesikalomena

Kudapan sedap ini memiliki bentuk seperti lembaran roti, di atasnya diberi taburan kacang kenari dan gula. Tekstunya garing dan memiliki kelezatan rasa yang tidak kalah dari kacang almond. Jangan khawatir roti ini juga tahan lama, sebab cara memasaknya dipanggang. Itulah kenapa cocok dijadikan oleh-oleh.

Gogos Ikan

Sumber: Instagram @sahar3r

Seperti yang terlihat pada gambar, penampakannya mirip seperti lemper. Tapi bukan berarti ini hanya beda nama saja alias dupilkatnya lemper, loh ya. Jika lemper biasanya diberi suwiran daging ayam, cacahan tempe, dan abon, lain halnya lagi dengan Gogos. Ketan yang sebagai bahan dasarnya justru diberi suwiran ikan, lalu dibungkus daun pisang kemudian dibakar. Lebih nikmat lagi jika disantap bersama Kopi Rarobong.

Kopi Rarobang

Sumber: Instagram @primarasa.id

Sederhananya, kopi ini merupakan hasil kolaborasi dari racikan Robusta bersama madu, jahe putih dan campuran kenari. Rasa tekturnya berbeda dan wajib anda coba

Kopi Rarobang akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati kopi. Jika tidak ingin repot membuatnya maka bisa membeli dalam kemasan botol, jika ingin lebih praktis atau takut tumpah maka bisa membeli dalam kemasan bubuk.

Nasi Jaha

Sumber: Instagram @Ursandnic

Satu lagi, nih, nasi-nasian yang bisa dibawa pulang, yaitu Nasi Jaha. Nasi ini terbuat dari ketan yang diolah bersama santan, lalu dibugkus memakai daun pisang muda kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar. Ukurannya ada yang 30 sampai 50 CM Bahkan ada yan sampai 1 meter, loh.

Nah, tidak heran jika Nasi Jaha memang sangat mengenyangkan. Campuran santan dan ketan mampu memberi cita rasa legit dan gurih di mulut. Aromanya pun juga wangi dan sangat menggugah selera.

Halua Kenari

Sumber: Instagram @sangadji.sarah

Kudapan lezat nan menggoda ini diolah dari campuran gula merah serta kacang kenari. Rasanya manis saat dikunyah. Teksturnya legit, sehingga menambah kelezatan tersendiri. Oh, ya, Halua Kenari juga sering dijadikan teman ngemil bagi orang-orang yang sedang diet Walaupun diolah bersama gula merah, tapi komposisi kacang kenarinya jauh lebih dominan. Kacang kenari inilah yang memiliki banyak manfaat sebab rendah lemak namun kaya akan protein.

Sagu Lempeng

Sumber: Instagram @ira.kusumawardhani

Selain olahan kacang kenari, Kepulauan Seram bagian timur banyak yang mengolah makanan dari sagu. Satu diantaranya yaitu Sagu Lempeng.

Sagu ini memiliki dua rasa yaitu tawar dan rasa gurih. Sangat enak jika dimakan sambil menyeduh teh atau kopi. Bahan dasarnya terbuat dari tepung terigu yang dicetak dengan Forana. Forana yakni cetakan yang terbuat dari batu atau tanah liat. Karena sangat enak buat dicelup ke aneka minuman, sepertinya beli satu toples Sagu Lempeng tidak akan cukup buat oleh-oleh. Jadi beli saja beberapa, ya.

Comments

Loading...