in

Kupat Glabed Ibu Wartini Yang Membuat Ketagihan

Sumber Gambar: Google Maps @TRAVEL of MINE

Kupat Glabed Ibu Wartini merupakan salah satu tempat makan dari kuliner terkenal di Kota Tegal. Kota Tegal merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. 

Berbicara tentang Kota Tegal ini, mungkin anda teringat dengan wartegnya alias warung tegalnya yang menjual aneka lauk pauk dengan menu rumahan. Selain itu juga kota yang berada di salah satu jalur Pantura ini terkenal dengan bahasa daerahnya dengan dialeknya yang khas. 

Satu hal lagi tentang Kota Tegal ini, yaitu kota ini merupakan salah satu kota bahari yang ada di Indonesia. Di Kota Tegal ini terdapat beberapa kuliner khasnya yang dapat menggugah selera kita. Kuliner khas tersebut seperti Kupat Glabed Randugunting, Tahu Aci, Soto Tegal, Kupat Blengong dan Teh Poci khas Tegal.

Kuliner dari Kota Tegal ini agak berbeda dengan kuliner dari bagian daerah Jawa Tengah lainnya yang identik dengan manis. Kuliner Kota Tegal ini mempunyai cita rasa yang asin, gurih dan pedas. Semua aneka kuliner tersebut merupakan primadona bagi masyarakat Kota Tegal. Salah satu tempat menjual kuliner tradisional di Kota Tegal adalah warung Kupat Glabed Ibu Wartini.

Kupat Glabed

Kupat Glabed merupakan salah satu dari kuliner tradisional khas Tegal berupa campuran makanan yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning yang memiliki rasa gurih. Biasanya makanan ini dimakan bersama aneka sate.

Sekilas warna dari kuah kupat glabed ini mirip dengan kuah opor. Tetapi jika dirasa di lidah kuah glabed ini terasa lebih kental dan lengket. 

Sumber Gambar: Google Maps @emjiUp

Glabed merupakan istilah kata dari masyarakat Tegal yang menggambarkan makanan yang kental. Memang kupat glabed adalah ketupat yang diberi kuah kuning yang bertekstur kental dan gurih. Karena biasanya proses memasak kuah dari ketupat ini diberi santan kental dan sedikit tepung maizena. 

Salah satu pusat penjualan kupat glabed di Kota Tegal ini berada di kecamatan Randugunting. Di kecamatan Randugunting ini banyak sekali penjual kupat glabed ini, salah satunya warung Kupat Glabed Ibu Wartini.

Kupat Glabed Ibu Wartini

Kupat Glabed Ibu Wartini
Sumber Gambar : Business.site

Kupat Glabed Ibu Wartini ini adalah salah satu warung makanan khas Tegal yang sudah terkenal cukup lama di Kota Tegal. Warung Kupat Glabed ini beralamat di Jalan Ayam Nomor 1 Kecamatan Randugunting, Kota Tegal. Warung ini tidak berada di pusat kota.

Menurut pemiliknya, warung ini sudah ada sejak tahun 1980. Warung kupat ini pertama kali didirikan oleh kakeknya. Artinya pemilik warung saat ini merupakan generasi ketiga. Semua olahan menu dari warung ini merupakan racikan pemiliknya sendiri yang merupakan resep turun temurun. Setiap harinya warung ini dibuka mulai pukul 16.00 wib hingga pukul 22.00 wib.

Banyak Pengunjung di Warung Kupat Glabed Ibu Wartini 

Sumber Gambar: Google Maps @infotegal

Karena keberadaan warung makanan tradisional ini sudah sejak lama, maka tak heran jika warung ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi para pembeli. Menurut pemilik warung, rata-rata setiap harinya warung ini dapat menghabiskan 100 porsi kupat glabed.

Kupat Glabed Ibu Wartini ini dijual dengan harga Rp 9 ribu per porsi. Di samping itu juga di warung ini juga menyediakan aneka sate seperti sate kerang, sate ayam, sate telur puyuh dan sate kikil yang sudah dilumuri kuah kacang. Harga satu tusuk sate tersebut dijual dengan harga Rp 3 ribu.

Dalam satu porsi Kupat Glabed Ibu Wartini ini disajikan dengan potongan ketupat kemudian diberi tempe goreng dan disiram kuah glabed yaitu kuah yang kental. Di bagian atasnya diberikan topping kerupuk mie dan bawang goreng.  Dan rasa dari ketupat tersebut akan semakin mantap jika dimakan bersamaan dengan aneka pilihan sate yang sudah tersedia di atas meja makan pengunjung.

Hal yang Membuat Istimewa Menurut Pengunjung di Warung Ini

Kupat Glabed Ibu Wartini
Sumber Gambar : Kompasiana.com

Banyak pengunjung di warung ini yang sudah berulang kali datang ke tempat ini untuk makan di sini. Hal ini menurut pengunjung, rasa dari Kupat Glabed Ibu Wartini ini memang juara karena dari dulu hingga saat ini rasanya tetap sama. Kemudian porsinya juga pas untuk disantap pada sore dan malam hari. Di samping itu juga harga dari menu-menu di tempat ini sangat terjangkau dan warungnya juga luas. Pelayanan di sini ramah dan cepat. Dari hal-hal tersebut membuat pengunjung semakin nyaman untuk menyantap kuliner kupat di tempat ini. Kupat Glabed ini merupakan kuliner khas Kota Tegal yang cocok dinikmati pada saat cuaca dingin maupun cuaca panas. Menikmati kuliner di tempat ini cocok jika bersama keluarga atau teman-teman.

Jika anda para traveller yang sedang berkunjung ke Kota Tegal ini, rasanya tidak berlebihan untuk mencicipi salah satu kuliner tradisional Kota Tegal yang terdapat di warung Kupat Glabed Ibu Wartini ini. 

Selanjutnya, jika anda sudah mencicipi lezatnya kuliner di warung ini, anda dapat menikmati kuliner lainnya di kota ini pecinta pedas wajib cobain nasi ponggol setan ibu kusniroh.