in

Lezatnya Miso Ayam Pak Le Pekanbaru

Sumber Gambar: Google Maps @Sulastama Raharja

Pekanbaru merupakan ibukota Provinsi Riau yang banyak sekali menyajikan aneka kuliner yang lezat salah satunya Miso Ayam Pak Le Pekanbaru. Pekanbaru sendiri merupakan sebuah kota yang padat penduduk dan terdapat bermacam-macam etnis di dalam kota tersebut. Penduduk tersebut terdiri dari suku tempatan yaitu suku Melayu maupun suku pendatang seperti Jawa, Minang, Batak, Tionghoa dan sebagainya.

Tak heran rasanya dari hal tersebut berpengaruh terhadap banyaknya aneka pilihan menu kuliner yang sebagian besar dipengaruhi oleh asal daerah pendatang tersebut. Mulai dari menu aneka lauk yang mengguggah selera hingga jajanan manis yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Tempat makan pun mulai dari restoran hingga makanan kaki lima banyak kita jumpai di kota ini.

Salah satu makanan favorit warga Pekanbaru adalah miso. Miso adalah merupakan makananan yang bercita rasa kuah segar dan beraroma kaya akan rempah. Konon kata miso berasal dari Mie Sop. Makanan yang satu ini memang paling enak jika dimakan pada pagi hari karena kuahnya yang segar dan bisa jadi penggugah selera makan.

Miso Ayam Pak Le Pekanbaru

Sumber Gambar: Google Maps @JR Foodbuster

Bagi warga kota Pekanbaru tempat makan miso yang satu ini sudah cukup terkenal. Warung miso satu ini termasuk legendaris karena terkenal dengan ramainya sejak dulu.

Karena menurut pengunjung rasa miso ayam satu ini sangat berbeda dengan tempat lain. Warung miso ini berada di lokasi kawasan perumahan Jalan Thamrin Ujung, Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru Riau. Di warung makan ini tidak tersedia plang nama tempat atau tulisan apapun. Dan warung miso ini berada di dalam halaman rumah yang luas. Jejeran mobil dan motor terparkir di sepanjang jalan di sekitar warung miso ini. Dan yang bisa kita lihat juga adalah orang ramai yang sedang mengantri untuk membeli miso ini.  Warung Miso Ayam Pak Le Pekanbaru ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Sumber Gambar: Google Maps @Ahmad Khairun

Warung miso ini dibuka mulai pukul 08.30 wib tetapi tutup sebelum jam 12 siang karena sudah habis. Namun sebelum warung ini buka sudah banyak pengunjung yang mengantre untuk membeli miso ini. Dan jika kita hendak berkunjung ke warung miso ini kita harus cepat karena kursi yang tersedia hanya sekitar 50 an dan pengunjungnya ramai sekali. Sehingga kalau kita tidak cepat kita tidak akan mendapatkan kursi dan harus mengantre lagi. Warung ini tutup setiap hari Jumat dan Minggu.  

Pengunjung Selalu Ramai 

Meskipun hanya menyajikan satu menu makanan utama saja, namun warung miso satu ini memang selalu ramai pengunjung.  Miso Ayam Pak Le Pekanbaru ini terdiri dari mie kuning dan mie putih yang disiram dalam kuah sop segar nan gurih. Di atas mie yang sudah tersiram kuah tersebut diberikan suwiran ayam, tahu kering serta potongan tulang dan kulit ayam yang renyah.

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Usmar Arif

Keistimewaan dari miso pada warung ini terletak pada kuahnya yang super segar dan potongan tulang ayam dan kulit yang begitu gurih.  Semua komponen miso ini diracik sendiri oleh pemilik warung. Dan meskipun warung miso ini sangat ramai namun pemiliknya tidak membuka cabang.  Masih menurut pengunjung cita rasa kuah dari miso ini tetap sama dari dulu. Itulah yang membuat pengunjung bisa berkali-kali datang ke tempat ini dan mengajak keluarga atau teman-temannya.

Ada lagi yang membuat tempat ini begitu berkesan dan sedikit unik. Karena tempatnya yang selalu ramai dan jumlah kursi yang terbatas, membuat orang banyak mengantre tempat duduk. Jadi, kalau makan di sini kita tidak bisa berlama-lama karena harus bergantian dengan pengunjung lain yang masih mengantre. Jika kita terlalu santai makan di sini mata pengunjung yang belum mendapatkan kursi akan tertuju pada kita.

Harga Miso Ayam Pak Le Pekanbaru

Sumber Gambar: Google Maps @Ade Nurhayati

Untuk kamu para pecinta kuliner harga Miso Ayam Pak Le Pekanbaru ini terbilang sangat terjangkau yaitu Rp 17 ribu per porsi. Dalam sehari Miso Ayam Pak Le Pekanbaru ini bisa terjual lebih dari 100 mangkuk. Meskipun pengunjung selalu ramai, namun pelayanan dan penyajian di warung ini cepat.

Dari bahasan kita tadi soal rasa dan soal keunikan yang ada di warung miso ini yang membuatnya berbeda dengan warung miso lainnya. Rasanya tidak salah jika miso legendaris ini bisa dijadikan salah satu destinasi wisata kuliner di kota Pekanbaru. Saking terkenalnya miso ini banyak food blogger yang sudah pernah berkunjung ke tempat ini.

Jadi untuk kamu para pecinta kuliner dan para traveller jika kalian berkunjung ke kota Pekanbaru sepertinya wajib mencoba mengunjungi warung Miso Pak Le’ Pekanbaru ini. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman untuk menikmati segarnya Miso Ayam Pak Le’ Pekanbaru ini dan juga sensasi unik mengantre untuk mendapatkan semangkuk miso ini. Setelah merasakan kenikmatan dan sensasi Miso Ayam Pak Le Pekanbaru ini, perjalanan bisa kita lanjutkan ke bukit-kapur-air-hitam-tempat-instagramable-di-pekanbaru .