in

Memanjakan Lidah di RM Pindang Pegagan Mbok Yah

Sumber Gambar: Google Maps @Ronny Setiawan

Kota Palembang adalah surganya makanan enak. Jika kota Cirebon punya Pedesan Entog, Palembang memiliki makanan khas pindang. Salah satu pindang yang paling enak di Palembang adalah pindang yang di jual oleh RM Pindang Pegagan Mbok Yah.

Pindang Pegagan sendiri adalah pindang khas dengan resep khas masyarakat Kabupaten Ogan Ilir. Nama ini diambil dari suku asli yang ada di kabupaten tersebut yaitu Suku Pegagan. Pindang ini biasanya hanya berisikan lauk ikan-ikanan. Misalnya ikan Gabus, Patin, Baung dan Gabus.

Namun saat ini sudah banyak orang-orang yang mencampur Pindang Pegagan dengan jenis lauk yang berbeda. Misalnya Pindang Pegagan dengan lauk Burung atau Ayam. RM Pindang Pegagan Mbok Yah sendiri memiliki jenis lauk yang beragam.

Jika traveler mengunjungi Kota Palembang. Wajib banet untuk mencicipi Pindang Pegagan paling enak yang dibuat oleh Mbok Yah dan keluarganya.

Letak RM Pindang Pegagan Mbok Yah

Mencari lokasi rumah makan ini sangatlah mudah. Karena letaknya sangat strategis dengan lokasi wisata di Palembang. RM Pindang Pegagan Mbok Yah terletak di Jl. Sekanak, 22 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang.

Letaknya tepat di pinggir jalan di sebelah kantor Walikota Palembang. Jika traveler ingin mengunjungi RM Pindang Pegagan Mbok Yah, traveler cukup mencari angkutan umum yang tujuannya ke Jembatan Ampera. Cukup membayar ongkos Rp 5 rb traveler akan diturunkan persis di depan rumah makan tersebut.

Selain itu rumah makan ini sangat mudah ditemui karena sudah terdaftar di Google Maps. Menariknya, meskipun rumah makan ini bentuknya seperti rumah makan tradisional. Namun pengelolaannya sudah modern loh.

Traveler bisa melihat langsung aktifitas RM Pindang Pegagan Mbok Yah di website resmi mereka. Jika traveler baru pertama kali ke Palembang. Sangat mudah untuk menggunakan ojek online. Karena akses yang mudah tentu saja ongkos yang di patok juga murah.

Kenapa RM Pindang Pegagan Mbok Yah Begitu Enak?

Sumber Gambar: Google Maps @RM. PINDANG PEGAGAN MBOK YAH

Bukanlah sebuah kebetulan kalau rumah makan ini memiliki pindang yang begitu enak. Selain resep pindang pegagan yang berbeda dengan pindang dari daerah lain. RM Pindang Pegagan Mbok Yah memiliki bahan yang segar.

Salah satu MVP produk mereka yaitu Pindang Patin misalnya. Mbok Yah membeli langsung ke pedagang ikan patin segar dengan besar yang luar biasa. Eksklusifitas bahan ini salah satu yang membuat pindang disii begitu enak.

Mbok Yah dan karyawannya selalu memperhatikan bahan yang mereka beli. Terutama ikan yang ingin dihidangkan. Selain segar ikan juga harus hidup sebelum di potong. Karena rasa manis dari ikan akan terasa begitu nikmat jika masih segar.

Sumber Gambar: Google Maps @Rumondang Manalu

Harga yang dipatok Mbok Yah juga sangat murah. Untuk varian pindang sendiri mulai dari Rp 15 rb – Rp 30 rb. Pindang Pegagan sendiri terkenal dengan rasa pedas manis dari kuah yang dihidangkan. Rasa segar dari buah nanas juga akan bercampur di dalam pindang.

Selain pindang, Mbok Yah juga menyediakan minuman seperti Es Kacang Merah khas Palembang dan Es Degan untuk menambah kesegaran traveler.

Waktu Yang Tepat Berkunjung

Sumber Gambar: Google Maps @Rumondang Manalu

Karena RM Pindang Pegagan Mbok Yah ini begitu ramai dikunjungi. Mereka membuka rumah makan setiap hari. Namun waktunya sendiri sangat mepet. Jam buka rumah makan ini hanya dari jam 09.00 Wib sampai 17.00 WIB setiap harinya.

Jika traveler ingin berkunjung pastikan mencatat jam operasionalnya ya. Di rumah makan ini akan sangat ramai pengunjung dari jam 12.00 WIB sampai 13.00 WIB. Biasanya banyak karyawan kantor di sekitar daerah tersebut yang memilih makan siang di rumah makan ini.

Paling tepat traveler datang diatas jam 13.00 WIB. Karena ramainya pengunjung tentu akan sulit mendapatkan tempat duduk. Terutama para karyawan yang makan siang disana biasanya membawa rombongan dan mereka melakukan reservasi terlebih dahulu. Makan siang dengan menghirup kuah pedas manis pindang akan begitu nikmat rasanya.

Kenapa Traveler Harus Coba makan di RM Pindang Pegagan Mbok Yah?

Sumber Gambar: Google Maps @Alind Praditya Racha Chintya

Selain bahannya yang memang di beli ketika masih segar. Rumah makan ini memang memiliki resep Pindang Pegagan asli dari Kabupaten Ogan ilir. Warna kuah pindangnya sangat merah. Namun tenang saja, rasa pindang tidaklah terlalu pedas.

Sensasi manis dan segar dari buah nanas akan tercampur disana. Selain itu ada bau wangi dari daun kemangi yang tersaji di atas mangkuk pindang. Perbedaan RM Pindang Pegagan Mbok Yah dan yang lainnya adalah ukuran dari lauknya.

Setiap satu mangkuk dari Pindang lauknya bisa melebihi dari wadah untuk menyajikan pindangnya. Dengan harga Rp 15 rb – Rp 30 rb tentu saja akan sangat worth it membeli pindang di rumah makan ini.  Sangking terkenalnya rumah makan ini. Mereka saja mendapatkan rating berbintang 5 di Google Maps.

Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi seputar wisata yang ada di Indonesia.