in

Sajian Makanan Khas Melayu RM Upik Banun yang Bikin Ngiler

Sumber Gambar: Google Maps @EmmY tJia

Apa Sih yang kalian bayangkan ketika mendengar kota  Pekanbaru? Apakah destinasi wisatanya yang sangat indah? Atau justru destinasi kuliner Pekanbaru yang bikin kamu selalu teringat dengan kota ini? Tentunya kalian pasti merindukan salah satu dari hal diatas jika mendengar Pekanbaru. Namun, kali ada hal yang menarik perhatian di Pekanbaru, yaitu RM Upik Banun di Pekanbaru yang menyajikan hidangan khas Melayu dan sudah banyak dikenal oleh banyak orang khususnya Kota Pekanbaru.

Pekanbaru memang banyak sekali destinasi wisata bersejarah di dalamnya. Namun, kamu juga jangan lupa untuk berburu kuliner ketika ada disana. Karena kulinaer di kota ini tentunya tidak kalah enak dari kota kota yang lain. Ada banyak jajanan dan kudapan khas Pekanbaru mulai dari gulai ikan patin, gulai belacan, bacah daging, ikan asap selais, ikan cuka, dan masih banyak yang lainnya. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba semua menu makanan yang telah disebutkan tadi kamu bisa mengunjungi RM Upik Banun. Disana mereka menyajikan semua menu khas Melayu dan makanan kha Pekanbaru juga tentunya.

Bisa dikatakan bahwa RM Upik Banun merupakan sebuah rumah makan yang tergolong sederhana yang menyajikan menu khas Pekanbaru dengan cita rasa yang tentunya tidak bisa kamu dapatkan di rumah makan lainnya. RM Upik Banun memang sudah terkenal di Pekanbaru. Banyak dari wisatawan yang ingin menuju ke Pekanbaru pasti akan mengunjungi RM Upik Banun untuk memuaskan nafsu makan mereka. Selain harganya yang tergolong murah makanan di RM Upik Banun juga akan memanjakan lidah kamu dan akan menjadikan kamu kangen untuk kembali ke Pekanbaru lagi.

Ada beberapa menu yang disajikan di warung makan ini antara lain Gulai ikan baung asam pedas, Ikan Pantau, Udang Sungai Goreng, Ikan Selais Salai Balado, dan Ayam Goreng. Makanan akan disajikan semuanya diatas meja dijamin saat makan disini kamu akan mencicipi semua makanannya karena memang begitu lezat.

Lokasi RM Upik Banun

Bagi kamu yang mencari lokasi RM Upik Banun, mereka berlokasi di Limbungan, Rumbai Pesisir. Dari pusat kota menuju kesini hanya berjarak sekitar 7 kilometer saja. ini sama saja dengan 13 menit perjalanan. Akses jalannya pun cukup mudah karena sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Kamu bisa memanfaatkan rute tercepat dengan membuka lokasi di aplikasi penunjuk arah yang ada di ponsel kamu. Sesampainya di RM Upik Banun kamu tidak akan terkejut karena memang tampilan rumah makan yang satu ini sangat sederhana. Rumah makan ini hanya berdiri di atas rumah kayu biasa, akan tetapi cukup nyaman untuk diduduki dan kamu akan merasakan pengalaman makan yang khas pedesaan disini.

Fasilitas yang ditawarkan pun cukup terbatas. Kamu hanya akan menemukan fasilitas umum saja yang ada di sini, seperti toilet, area maka, dan lahan parkir yang cukup luas untuk ukuran rumah makan sederhana. Tentunya mereka sengaja mempertahankan bentuk banguna yang terbuat dari kayu, karena akan menambah nilai tradisional RM Upik Banun.

Rumah Makan yang Sederhana

Sumber Gambar: Google Maps @H Hengki

RM Upik Banun merupakan salah satu rumah makan keluarga sederhana yang sudah terkenal di Pekanbaru. Uniknya RM Upik Banun bisa dibilang adalah saudara dari rumah makan Cuik karena pemilik dari kedua restoran ini merupakan kakak beradik yang sama sama mengelola bisnis kuliner di Pekanbaru.

Kedua restoran ini sama sama menyajikan makanan lezat khas Pekanbaru. Namun dari keduanya tentunya memiliki perbedaan yang lumayan terlihat. Yang pertama adalah dari suasana yang ditawarkan. Upik Banun cenderung menyajikan suasana yang lebih mengedepankan kesederhanaan lewat perkampungan yang ada disekelilingnya.

Sumber Gambar: Youtube @nexcarlos

Pintu masuk dari rumah makan ini adalah sebuah jembatan kayu yang membentang antara pintu masuk dan area makan rumah makan ini. Ada satu hal yang menonjol di RM upik banun ini. yaitu sambal merah dan sambal ijo nya yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat yang ada disana.

Baca Juga: Cicipi Nikmatnya Cita Rasa Sate Kambing Bu Sum di Yogyakarta

Sambal merah atau sambal ijo yang dipadukan dengan nasi panas dan tentunya berpadu dengan lauk pauk khas Pekanbaru akan menambah cita rasa semakin melekat di lidah. Bahkan perpaduan tadi bisa dikatakan merupakan kombinasi sempurna yang ada di RM Upik Banun.

Jadi untuk kamu yang lagi jalan jalan di Pekanbaru. Segera mampir ke RM Upik Banun karena soal rasa dan harga RM Upik Banun ini dapat kamu bandingkan dengan rumah makan lainnya yang ada di Pekanbaru.