in

Sop Konro Bawakaraeng Santapan Lezat Khas Makassar

Sumber Gambar: Google Maps @Awan A. Rusdi

Makassar merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki keragaman suku dan budayanya. Makassar juga terkenal akan segudang destinasi wisatanya yang unik. Karena keragaman inilah mengapa Makassar memiliki berbagai macam kuliner dengan cita rasa khasnya tersendiri. Kamu tidak akan menemukan cita rasa khas makanan Makassar di daerah lainnya. Ada salah satu contoh kuliner yang sangat lezat dan diminati oleh banyak orang di Makassar yaitu sop konro. Apalagi kamu mencicipi sop konro ini ditempat yang tepat. Sop Konro Bawakaraeng adalah tempat yang sangat tepat bagi kamu yang baru akan mencoba kuliner yang satu ini. Tempat ini menyajikan sop konro dengan daging yang empuk dan kuah dengan rasa yang kaya akan rempah.

Jika kamu tidak mengetahui apa itu sop konro. Sop konro adalah suatu hidangan khas tradisi suku Bugis di Makassar. Hidangan ini berupa iga sapi  atau daging sapi yang diolah sedemikian rupa menjadi hidangan berkuah yang sangat lezat. Biasanya kuah dari sop konro berwarna kecoklatan dan dimakan bersama burasa dan ketupat yang sudah dipotong kecil untuk memudahkan ketika memakan hidangan ini.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu kuliner sop konro yang sangat disukai oleh masyarakat Makassar. Dan Sop Konro Bawakaraeng merupakan salah satu tempat di Makassar yang menyediakan hidangan sop konro terenak. Mereka mengolah sop ini tanpa menghilangkan cita rasa khas dari sop konro itu sendiri.

Sop Konro Bawakaraeng yang Melegenda di Makassar

Sop konro yang merupakan hidangan khas Bugis ini memang sudah lezat dari sananya. Namun tanpa adanya pengelolaan yang tepat tentu saja rasa dari hidangan ini akan hancur dan tidak sedap. Nah, di Sop Konro Bawakaraeng ini mereka mengolah sop konro ini dengan sangat handal. Sehingga menjadikan sop konro sebagai hidangan yang sangat disukai oleh kalangan masyarakat Makassar. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Makassar hanya untuk mencoba kuliner sop konro yang asli buatan orang Makassar itu sendiri.

Sumber Gambar: Google Maps @ardo victora

Tempat makan Sop Konro Bawakaraeng sudah berdiri sejak tahun 1960 an. Jika kita hitung dari tahun sekarang maka Sop Konro Bawakaraeng ini sudah berdiri selama 61 tahun. Wajar saja mengapa banyak orang yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat makan sop konro yang melegenda di Makassar.

Sejak berdirinya Sop Konro Bawakaraeng ini dari tahun 1960 sampai sekarang. Mereka ternyata sudah memiliki empat cabang yang tersebar di daerah Makassar. Seluruh cabangnya juga terkenal dan lumayan ramai pengunjung tiap harinya. Bahkan salah satu pengunjung mengatakan bahwa ketika malam hari tempat ini cukup ramai pengunjungnya. Tidak jarang para pengunjung akan rela mengantri hanya untuk mencoba hidangan yang satu ini.

Tempat makan ini terletak di Jl. Gunung Bawakaraeng No. 105, Wajo Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar. Silahkan buka aplikasi penunjuk arah dan ikuti saja rute menuju tempat makan sop konro ini.

Menu  yang Disajikan Sop Bawakaraeng

Sumber Gambar: Google Maps @Andi Aspa

Memang sudah 61 tahun lebih sejak berdirinya usaha tempat makan sop konro ini. tentu saja selama waktu itu mereka tidak hanya menjual hidangan sop konro saa. Tentunya mereka akan menemukan menu baru yang tidak akan membuat para pengunjung bosan ketika makan di tempat ini. Ditempat ini tidak hanya menawarkan menu sop konro saja. namun ada banyak berbagai macam menu hidangan khas Makassar lainnya disini. Seperti sop kikil, sop saudara, sop paru, dan sop kepala ikan. Mereka juga menyediakan hidangan laut seperti ikan bandeng, cumi cumi, udang, dan lain lain.

Sumber Gambar: Google Maps @Teguh Sinulingga

Ketika mencoba menu sop konro disini kamu akan terkejut dengan rasa yang disajikan. Karena kuahnya kental dan memiliki rasa gurih kaya akan rempah dengan kombinasi keempukan daging lokal Makassarnya. Kenikmatan inilah yang menjadikan sop konro ini menjadi hidangan yang disukai banyak orang. Alasan mengapa tempat ini dinamakan Sop Konro Bawakaraeng juga karena sejak awal berdiri menu andalan mereka adalah sop konro. dan tentu saja tempat pertamanya yang berlokasi di Bawakaraeng.

Baca Juga: Lezatnya Miso Ayam Pak Lee Pekanbaru

Untuk harganya pun kamu tidak usah khawatir karena menu disini relatif murah karena hanya dimulai dari 15 ribu rupiah saja. lalu harga paling mahalnya hanya sekitar 25 ribu rupiah saja.