in

Pantai Onggaya, Keindahan Alam di Indonesia Paling Timur

Sumber Gambar: Instagram @lensa_merauke

Ujung timur Indonesia, Merauke merupakan salah satu tempat yang tak kalah indahnya dengan daerah lain di Papua. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke sana adalah Pantai Onggaya yang berhadapan langsung dengan laut Arafura. Pantai ini termasuk tempat wisata yang dikelola sangat serius oleh pemerintah daerah setempat sehingga fasilitasnya cukup lengkap.

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Onggaya

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai yang berpasir putih kecokelatan ini, antara lain yaitu:

  1. Menikmati Keindahan Pesisir Pantai dengan Pemandangan Laut yang Luas

    Sumber Gambar:Instagram @randomp_by_ana

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa Pantai Onggaya merupakan salah satu tempat wisata yang berhadapan langsung dengan Laut Arafura. Pantai yang satu ini memiliki pesisir yang sangat luas apalagi saat kondisi sedang sepi. Seperti pantai milik pribadi.

Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar sehingga sering menyebabkan tumbuhan bakau yang ditanam warga harus tercabut kembali. Kamu bisa memandang hamparan air yang sangat luas di setiap mata memandang.

  1. Menikmati Keindahan Mata Hari Terbenam yang Sangat Romantis

    Sumber Gambar: Instagram @srisartini

Tak ada yang menghalangi kamu untuk menikmati mata hari terbenam pada sore hari di pantai ini. Ya, kamu hanya akan melihat hamparan laut yang sangat luas bahkan tidak terlihat pegunungan. Jadi, saat matahari terbenam akan terlihat nyata dan sangat indah.

Asalkan tidak tertutup oleh mendung, kamu bisa melihat matahari yang seakan-akan dilahap oleh lautan. Tentunya momen ini menjadi sangat langka sehingga jangan lupa mengabadikannya.

Jika kamu datang bersama dengan pasangan, melihat matahari terbenam pasti akan menjadi momen yang paling romantis di tanah Cenderawasih ini. Kamu bisa menikmati kemesraan cinta pasangan sekaligus alam yang sangat ramah dengan manusia.

  1. Menikmati Olahan Seafood Khas Warga Setempat

    Sumber Gambar: Instagram @amuhshi

Pantai yang satu ini diketahui sebagai salah satu tempat untuk mata pencaharian warga. Di pantai ini, warga mendapatkan banyak sekali hasil laut untuk hidup salah satunya udang. Banyak sekali kekayaan laut yang terdapat di sana yang bisa diolah menjadi makanan yang sangat lezat.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sumber makanan dari laut hanya dibakar saja sudah mengeluarkan rasa yang sangat nikmat. Apalagi jika diolah dengan bumbu khas warga setempat. Sudah terbayangkan bagaimana kelezatan dari makanan yang disajikan di sana kan?

  1. Membeli Oleh-oleh Terasi Udang Khas Onggaya

Karena sebagian besar hasil lautnya adalah udang, warga setempat akhirnya mengolahnya menjadi terasi yang sangat khas. Ya, terasi di sini terbuat dari udang asli yang ditangkap oleh warga setempat.  Jadi, dijamin terasinya memiliki rasa yang khas dan nikmat karena menggunakan udang yang ditangkap langsung oleh warga. Kamu bisa membelinya dengan harga yang terjangkau saja dan bisa menjadi oleh-oleh yang berkesan bagi sanak keluarga di rumah.

Sebab, terasi yang diproduksi oleh warga di sini berbeda dengan terasi pabrik yang biasanya dijual di pasaran. Tentu, terasi yang dijual di sini lebih legit dan sangat nikmat untuk disantap dengan berbagai hidangan.

Nah, itu dia beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama dengan keluarga atau teman-teman di Pantai Onggaya. Jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan di sana yang masih sangat kental dengan adat istiadat. Pastikan dirimu sehat saat sampai di sana agar masyarakat setempat tidak menjadi korban keegoisan kita.