in

Menikmati Semilir Angin Di Waduk Sianjo-Anjo

Waduk Sianjo-Anjo

Wisata di Singkil tidak hanya selalu berbicara tentang bahari / laut. Ada banyak hal lain yang menarik yang bisa kamu nikmati disana. Salah satunya adalah Waduk Sianjo-Anjo. Yuk, simak pesona wisatanya yang tidak terkalahkan di artikel di bawah ini.

Pesona Waduk Sianjo-Anjo Perlu Kalian Ketahui

Tempat wisata ini secara geografis berada 12 jam dari Kota Banda Aceh. Meski cukup jauh, namun aksesbilitasnya cukup mudah karena ada di jalan lintas provinsi. Keuntungan lain, jalurnya gampang dan dapat menggunakan kendaraan roda empat. Selain itu, kondisi aspalnya yang cukup baik membuat perjalanan sejauh 630 Km tidak akan terasa merontokkan badan.

Berada di Kecamatan Simpang Kanan, lokasi wisata ini ternyata berjarak sekitar 3 Km dari pusat Kecamatan Gunung Meriah. Sebagai salah satu Kabupaten yang paling muda di Nanggroe Aceh Darussalam, banyak orang mengira jika pesona wisata di Singkil tidak banyak.

Padahal, disana banyak dibangun berbagai sarana prasarana untuk mempercepat kemajuan ekonomi. Salah satunya adalah pembangunan Waduk Sianjo-Anjo ini.

Namun meski menjadi tempat wisata, waduk ini tidak bisa dijelajahi secara maksimal. Pasalnya, kawasan wisata ini menjadi bagian dari Balai Sumber Daya Air yang dimiliki Kementerian PUPR. Jadi ketika kamu berkunjung, kamu hanya dapat melihat saja. Tapi tetap saja, pasti penasaran banget kan dengan pesona wisatanya?

  1. Miniatur Danau Toba

Pesona wisata yang pertama dari waduk ini adalah julukannya yang berupa Miniatur Danau Toba. Dengan kata lain, keindahan waduk ini hampir sama dengan keindahan yang dapat kamu saksikan di Danau terbesar di Sumatera Utara tersebut. Untuk ukuran luasnya sendiri, waduk ini mencapai 600 hektare dengan kedalaman 1 hingga 15 meter.

Biasanya, pengunjung yang datang adalah rombongan keluarga atau sekolah. Kemudian, mereka akan menggelar makan bersama ala piknik di tepi waduk.

Meski tidak bisa melakukan kegiatan seperti memancing atau berperahu, namun pengunjung masih dipersilahkan untuk duduk di pinggiran waduk. Tentunya, menikmati hidangan makanan ditemani sepoi-sepoi angina disana akan terasa syahdu dan menyegarkan pikiran.

  1. Wisata Kuliner Khas Singkil

Sejak jaman dulu, Aceh dikenal dengan wisata kulinernya yang rasanya khas. Salah satunya yang terkenal adalah Mie Aceh. Nah, apakah di Sianjo-Anjo ini juga demikian? Ataukah sama dengan wisata-wisata lain di Indonesia?

Mengunjungi Waduk Sianjo-Anjo, rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati hidangan. Ada beberapa rekomendasi wisata yang dapat kamu nikmati disana. Sebut saja, Mie Aceh, Seafood, Sate Lokan, dan Ikan Kayu. Ada juga Roti Canai, Martabak Telur Aceh, hingga Gule Plik U.

Kamu yang baru bertandang ke waduk dan merasa lapar, bisa mencari di tempat sekitar. Pasalnya, semua makanan khas tersebut banyak dijual di sepanjang jalan di Aceh Singkil disana. Tentunya, harganya pun sangat murah meriah. Untuk rasa juga jangan tanya, dijamin deh kamu pasti akan ketagihan.

  1. Objek Fotografi dan Videografi

Pesona wisata yang selanjutnya adalah jadi sarana objek fotografi dan videografi. Waduk ini memang dikenal dengan keindahannya. Tak heran meski tidak bisa dipakai berkegiatan, waduk ini juga bisa menjadi bagian dari foto dan videografi. Mulai dari para fotografer amatir hingga professional pun kerap bertandang kesana.

  1. Punya Banyak Manfaat untuk Masyarakat

Pesona wisata yang terakhir dari waduk ini adalah beragam manfaatnya yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitarya. Sianjo-Anjo sendiri masih masuk dalam kawasan wilayah Rimo. Kawasan ini dikenal sangat potensial untuk pengembangan sarana prasarana ekonomi. Salah satu diantaranya adalah pasar.

Diprediksikan, akan terdapat banyak pemukiman penduduk disana dalam beberapa kurun waktu mendatang. Pasalnya, waduk ini merupakan penyedia air baku yang mana menjadi bahan utama air minum.

Tidak hanya itu, waduk ini juga menjadi supplier air oleh beberapa keperluan domestik warga. Oleh karena itu, dibangunnya waduk ini terasa bermanfaat karena dapat mengantisipasi kekurangan air di musim kemarau di daerah tersebut.

Demikian ulasan menarik mengenai pesona wisata Waduk Sianjo-Anjo di Singkil. Rasanya, tidak ada hal yang tidak menarik di Provinsi Aceh. Penasaran ingin berkunjung? Semoga ulasannya bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisatamu.