Soto Di Yogyakarta Yang Wajib Kalian Datangi

Daerah Istimewa Yogyakarta memang menawarkan berbagai macam daya tarik yang rasanya sulit untuk ditolak oleh banyak orang, tidak hanya lokasi wisatanya yang indah akan tetapi juga hidangan khasnya yang lezat. Jika kalian pecinta hidangan soto dan berada di Kota Yogyakarta maka kalian berada di tempat yang tepat, hal ini dikarenakan ada banyak sekali tempat – tempat yang menjual hidangan soto yang sangat lezat.

Nah, bagi kalian yang mungkin baru pertama kali akan menghabiskan waktu liburan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan bingung tempat soto mana saja yang layak kalian kunjungi akan kami berikan kalian beberapa rekomendasi. Apa saja itu? Yuk, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Soto Kadipiro

Sumber Gambar: Google Maps @Laras Ela Sari

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Jika bicara soal tempat makan soto di Kota Yogyakarta maka Soto Kadipiro tidak boleh ketinggalan, Soto Kadipiro ini konon katanya sudah ada sejak tahun 1921 sehingga membuatnya salah satu tempat makan paling legendaris di Kota Yogyakarta. Kelezatan dari Soto Kadipiro ini masih terjaga dengan sangat baik, hingga saat ini Soto Kadipiro ini sendiri masih dimasak dengan cara yang tradisional.

Soto Kadipiro ini masih dimasak dengan kuali tanah liat yang dibakar menggunakan kayu bakar sehingga tidak aneh jika hidangan soto yang satu ini masih memiliki cita rasa yang begitu otentik. Untuk menikmati hidangan soto yang ada di Soto Kadipiro ini kalian dapat mengunjungi lokasinya yang berada di Jalan Wates No.33, Kadipiro, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto Pak Marto Tamansari

Sumber Gambar: Google Maps @andreas siagian

Berikutnya adalah Soto Pak Marto Tamansari, yang menawarkan soto daging sapi yang akan menggugah selera siapapun yang datang berkunjung termasuk kalian, tempat makan ini sendiri cukup melegenda karena sudah ada sejak tahun 1960an. Soto Pak Marto Tamansari ini sendiri memiliki soto dengan kuah bening yang mana rasanya tidak terlalu berat sehingga cocok untuk kalian nikmati sebagai sarapan.

Hidangan soto yang ada di Soto Pak Marto Tamansari ini dapat kalian nikmati dengan nasi yang dicampur atau juga nasi pisah dan ditambah lagi dengan berbagai macam hidangan pendamping yang akan membuat hidangan ini semakin nikmat. Jika kalian tertarik maka kalian dapat mengunjungi lokasi Soto Pak Marto Tamansari yang berada di Jalan Mayor Jenderal S. Parman Nomor 44, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto Sampah

Sumber Gambar: Google Maps @Orang Merakjat

Mungkin kalian akan sedikit risih dengan nama dari soto yang satu ini, bagaimana tidak nama dari soto ini adalah Soto Sampah, yang mana memang tidak terdengar menggiurkan bagi banyak orang. Akan tetapi Soto Sampah ini sendiri memiliki cita rasa yang akan membuat kalian ketagihan, asal mula nama Soto Sampah ini sendiri karena penggunaan gajih sapi atau lemak yang membuatnya terlihat berantakan.

Pada awalnya Soto Sampah ini sendiri bernama Soto Becak yang mana dikarenakan banyaknya tukang becak yang menjadi langganan tempat ini, akan tetapi lama kelamaan hilang dan berubah menjadi Soto Sampah yang memiliki cita rasa yang mengesankan. Untuk menikmati semangkuk Soto Sampah kalian dapat mengunjungi lokasinya yang dapat kalian temukan di Jalan Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto Djiancuk

Sumber Gambar: Google Maps @ANUNG D WICAKSONO

Berikutnya adalah sebuah tempat makan bernama Soto Djiancuk, walaupun namanya cukup nyeleneh akan tetapi rasa yang ditawarkan akan membuat kalian terngiang – ngiang karena memang selezat itu. Soto yang ditawarkan oleh Soto Djiancuk ini sendiri adalah soto khas Blitar yang memang cukup sulit untuk kalian temukan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto Djiancuk ini sendiri berisikan potongan daging sapi, tauge segar, irisan tomat, keripik kentang, irisan telur rebus, dan disiram dengan kuah dari kaldu sapi berwarna agak kecoklatan. Untuk alamatnya sendiri, kalian dapat menemukan Soto Djiancuk ini di Jalan PGRI 2 Nomor 59, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto Moneter Kotagede

Sumber Gambar: Google Maps @Soto Moneter

Soto Moneter Kotagede adalah tempat makan soto berikutnya yang wajib untuk kalian kunjungi, di tempat makan ini kalian dapat memesan soto ayam maupun soto daging sapi beserta hidangan pendamping yang dapat kalian pesan terpisah. Saat kalian memesan soto ayam maupun soto daging sapi, maka kalian akan mendapatkan isian berupa kol, soun, tauge serta taburan daun seledri dan juga bawang merah goreng.

Tidak hanya hidangan utamanya saja yang lezat akan tetapi hidangan pelengkapnya juga tidak kalah lezatnya, hal ini membuat hidangan yang satu ini semakin “sempurna”. Jika kalian tertarik, kalian dapat mengunjungi lokasi dari Soto Moneter Kotagede di Jalan Ringroad Timur No.490, Plumbon, Modalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto Betawi Bang H. Pitung

Mencari soto khas Betawi di Yogyakarta? Kalau begitu kalian dapat mengunjungi Soto Betawi Bang H. Pitung di Jalan Juminahan No.12, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Soto Betawi ini tentu saja cukup berbeda dengan soto – soto lainnya terutama pada bagian kuahnya yang dibuat menggunakan campuran susu dan juga santan.

Sumber gambar: Instagram @sobethpitung

Penyajian soto di Soto Betawi Bang H. Pitung ini sendiri cukup unik, mangkuk yang digunakan untuk menyajikan soto Betawi menggunakan “tatakan” tungku aluminium yang akan membuat soto kalian tetap hangat saat disantap.

Soto Pak Sholeh

Sumber Gambar: Google Maps @Yohna fortinatus

Berikutnya adalah tempat makan bernama Soto Pak Sholeh yang sotonya memiliki cita rasa yang khas dengan kuah beningnya yang gurih membuat tempat makan yang satu ini selalu penuh dikunjungi. Soto yang ditawarkan oleh Soto Pak Sholeh adalah soto daging sapi dengan isian seperti irisan daging sapi tentu saja, kol, tauge, serta dengan taburan daun bawang dan juga bawang merah goreng.

Kalian dapat menikmatinya dengan nasi campur maupun nasi pisah dan tentu saja hidangan pendamping yang akan membuat hidangan ini menjadi semakin nikmat, kurang? Kalian bisa pesan porsi jumbo atau minta tambah irisan daging atau nasi putihnya. Jika kalian ingin merasakan nikmatnya semangkuk soto dari Soto Pak Sholeh maka kalian dapat mengunjungi lokasinya di Jalan Wiratama No.84, Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto Bathok Mbah Katro

Sumber Gambar: Google Maps @Faisal Reza Sukmawan

Tempat makan soto yang terakhir pada daftar rekomendasi kami adalah Soto Bathok Mbah Katro yang saking lezat dan uniknya sampai dikunjungi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia yaitu Bapak Sandiaga Uno. Sesuai dengan namanya Soto Bathok Mbah Katro tidak menyajikan soto andalan mereka di mangkuk layaknya tempat soto lain, akan tetapi di sebuah batok kelapa atau tempurung.

Tidak hanya sotonya saja yang lezat dan gurih, akan tetapi Soto Bathok Mbah Katro memiliki suasana yang tenang dengan lokasinya yang terletak di area persawahan, hal tersebut membuat acara santap akan lebih nikmat lagi. SSoto Bathok Mbah Katro ini sendiri dapat kalian temukan lokasinya di Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Adakah yang membuat kalian tertarik?

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.